Pada ujian semester genap kemarin, untuk mata pelajaran IPA kelas 2 SDÂ di tempat anakku sekolah, ada sebuah pertanyaan: "APA MANFAAT BULU AYAM?"
dalam menjawab pertanyaan tersebut, terdapat dua kelompok jawaban, yaitu
1. untuk menghangatkan badan ayam
2. untuk membuat kemoceng
ternyata, kunci jawaban yang benar menurut guru adalah untuk menghangatkan badan ayam. saya tahu kunci jawaban tersebut setelah ada acara konsultasi dengan guru. secara pribadi, saya tidak setuju dengan kunci jawaban tersebut karena menurut saya kedua jawaban itu BENAR.
Guru sudah membuat soal secara benar, yaitu pertanyaan yang sifatnya terbuka yang memungkinkan siswa memberikan jawaban yang beragam. Sebetulnya, soal semacam itulah yang benar yang memungkinkan jawaban lebih dari satu, sesuai dengan konteks dan pengetahuan siswa. Dengan cara demikian, siswa belajar berpikir secara jamak sehingga pengetahuan mereka akan lebih kaya. Sekarang, sudah saatnya ilmu pengetahuan yang diberikan kepada siswa disesuaikan dengan konteks siswa. tetapi, ternyata kunci jawaban yang dipegang oleh guru masih bersifat tradisional yang tidak memberi kesempatan kepada jawaban lain yang juga benar dan logis sesuai dengan konteks.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H