- PENDAHULUAN
Koperasi merupakan tempat dimana orang dapat saling berinteraksi dan mengutarakan pendapat untuk mencapai tujuannya dengan berasaskan kekeluargaan.  Koperasi disini juga merupakan wadah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepedulian kita terhadap koperasi juga sangat berpengaruh terhadap strategi pelayanan, dimana untuk  menjaga kepuasan anggota/ pelanggan  kita harus memperhatikan tingkat kualitas dari pelayanan tersebut.Â
Koperasi dapat memberikan kepuasan pada  dengan cara memberikan manafaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,dewasa ini masyarakat kurang mengetahui tentang pentingnya peran koperasi bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.Sehingga koperasi yang seharusnya bisa bekerjasama untuk menjadi tiang pekonomian di kalangan masyarakat.
Pentingnya kepuasan anggota koperasi seperti masyarakat yang tergabung,kepuasan yang dirasakan anggota dapat menjadi citra baik bagi koperasi dalam  menarik anggota baru yang ingin bergabung.Salah satu cara dalam meningkatkan kepuasan  melalui pelayanan yang maksimal yang diberikan koperasi,serta adanya timbal balik dari anggota koperasi ataupun anggota. (Eliyawati, Sutjipta, & Putra, 2016)
Koperasi tidak akan terelisasi jika tidak adanya peran aktif dari anggota koperasi tersebut, karena untuk menarik kepuasan dari anggota/ pelanggan kita harus memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi dan juga pelayanan yang bermutu. Salah  satu  pelayanan yang dapat diterapkan koperasi adalah dengan memberikan keuntungan yang sama dari setiap kinerja para anggota. Dengan adanya koperasi juga anggota dapat mengelola keuangan mereka lebih baik sehingga tercapailah salah satu tujuan dari koperasi yaitu mensejahterakan anggota.
anggota koperasi merupakan bagian penting dalam mengembangkan dan melaksanakan semua kegiata yang ada di koperasi. Anggotalah yang berperan penting dalam  melakukan transaksi seperti melakukan pembayaran wajib yang kemudian uang tersebut dikelola sehingga koperasi bisa menambah modal untuk terus mengembangkan usaha. Anggota koperasi juga bisa memeroleh jasa yang di butuhkan serta barang yang berkualitas namun dengan harga yang murah. (Pratama, S Hubeis, & H Pandjaitan, 2017)
- PEMBAHASANÂ
Kepuasan adalah bentuk rasa nyaman anggota dalam  menjalankan koperasi, kepuasan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk dan merekrut setiap pondasi-pondasi yang menjadi tiang penyangga pembangunan perekonomian masyarakat. Kepuasan dapat berpengaruh positif (ikut serta dalam membangun koperasi) dan pengaruh negatif  (kekecewaan yang dirasakan anggota yang mana dapat berengaruh pada pribadi seseorang bahkan dapat membuat anggota lain juga merasakan pengaruh negatif tersebut).
Koperasi di Indonesia yang memiliki jumlah anggota yang banyak dikarenakan adanya rasa kepuasan yang diberikan oleh koperasi, dan juga hal ini dapat berdampak pada banyaknya anggota yang keluar dari koperasi karena tidak merasakan kepuasan. Beberapa pelayanan yang dapat diterapkan koperasi untuk meningkatkan pelayanan, yaitu memberikan bukti nyata sehingga anggota tidak merasa tertipu. Â (Khuswati & Relita, 2019)
Pada pelayanan yang diberikan koperasi terdapat dua indicator untuk mengetahui kualitas pelayanan. Indikator yang pertama terletak pada kepedulian anggota dalam memberikan ide-ide yang dapat diterapkan koperasi untuk membangun perekonomian. Pada indicator ini anggota memberikan loyalitas yang baik  terhadap koperasi. Berikutnya indicator yang kedua merupakan kepedulian anggota terhadap permasalahan perekonomian yang ada. Disini anggota juga merasakan dari permasalahan tersebut sehingga timbul rasa untuk terus berkontribusi dan memberikan pelayanan pada masyarakat untuk dapat meningkatkan pembangunan ekonomi.
Dengan hal itu masyarakat bisa merasakan kepuasan dan dampak besar dari kinerja koperasi, yang sebelumnya banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat dan sulit untuk mengatasinya dapat terselesaikan dengan beberapa pelayanan-pelayanan yang ditawarkan koperaasi untuk bisa bekerja sama dengan baik yang berasaskan kekeluargaan.
Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan koperasi memiliki banyak manfaat yang mana beberapa manfaat tersebut diantaranya:
- Terbentuknya loyalitas anggota
- Dapat menjadi sumber pemasukan bagi koperasi kedepannya
- Mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh anggota ataupu pelanggan seperti penjualanan dan pemasaran produk yang dimiliki koperasi
- Resiko yang ada dalam koperasi dapat ditekan lebih kecil
- Dapat memberikan harga yang cukup tinggi terhadap produk yang berkualitas tinggi
- Semakin eratnya hubungan antar mitra serta penyuplay bahan-bahan yang dibutuhkan koperasi dalam menjalankan usahanya
- PENUTUP