Peningkatan Perkembangan numerasi dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Maka tindakan solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merancang kegiatan main dengan menggunkaan media yang menarik dan membantu anak untuk mengenal konsep lambang bilangan. untuk meningkatkan kemampuan numerasi dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun yaitu dengan menggunakan kegiatan bermain kartu angka.Â
Adapun Langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan bermain kartu angka sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak yaitu: (1) guru mempersiapkan alat permainan edukatif berupa kartu angka dan mendemonstrasikan cara bermainnya; (2) Anak diminta untuk bermain mengurutkan kartu angka terlebih dahulu; (3) Guru meminta anak untuk menulis lambang bilangan 1-5; (4) Selanjutnya guru meminta anak untuk menunjuk lambang bilangan1-5 dengan bilangannya pada kartu angka..Â
Setelah dilakukan asesmen terhadap pelaksanaan proses belajar dikelas, dari hasil asesmen didapat bahwa 10 anak sudah muncul. Anak-anak terlihat antusias dalam pembelajaran hal ini terlihat saat mereka ingin maju membilang buah mangga dan mengambil kartu angka yang dibawa guru, media kartu angka juga dapat menarik minat mereka dalam kegiatan mengenal konsep lambnag bilangan.Â
Secara kualitas Penggunaan kegiatan bermain kartu angka juga telah dibuktikan Penelitian yang dilakukan oleh Yul Sendang Utami (2018) dengan judul "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anka Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul".Â
Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain kartu angka.Â
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari tahap Pra Tindakan dan setelah dilakukan tindakan kelas. persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator anak menunjuk lambang bilangan pada pra siklus 50% (MB), siklus I 63,89% (BSH) dan siklus II 83,89% (BSB).Â
Indikator membuat urutan 1-10 dengan benda pada pra siklus 45% (MB), siklus I 61,11% (BSH) dan siklus II 81,67% (BSB). Indikator menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda hingga 1- 10 (anak tidak disuruh menulis) pada pra siklus 43,33% (MB), siklus I 58,33% (BSH) dan siklus II 75,56% (BSB).
Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu:
1. Menyediakan kegiatan main yang variatif dengan 1 kegiatan sudut pengaman
2. Kolaborasi dengan rekan sejawat
3. Berkaitan dengan media ajar, guru menggunakan media kartu angka dan benda kongkrit seperti buah mangga sehingga anak lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan main dan diharapkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan manjadi meningkat