Mengulik Para penantang Baru
Sering kita mendengar ungkapan go online or dying, secara khusus memberi pesan bahwa jika anda seorang pebisnis maka berpindahlah ke dunia online, sebab jika hanya mengandalkan strategy usaha offline, maka pelan dan pasti usaha anda akan jauh keetinggalan dan bisa berujung bangkrut.
2017 lalu, media memberitakan tutupnya dua gerai matahari. Raksasan dibidang fashion itu menutup dua gerai karena lesu pengunjung. Bahkan mall yang dulu jadi raksasa seperti Blok M, Glodok, Mangga Dua dan Tanah Abang mulai sepi pembeli. Jawa pos pernah memberitakan presiden Jokowi menanggapi ketika ditanya mengapa banyak retail yang tutup, ia menjawab singkat karena tidak mengikuti zaman.
Mari kita bicara data. Berdasarkan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyebutkan bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Tahun 2010 hanya tercatat 42 juta jiwa, 2016 sudah mencapai 132,7 juta jiwa, dan 143,26 juta jiwa di tahun 2017. Angka yang fantastis dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta jiwa.
Meningkatnya pengguna internet membawa perilaku baru dalam masyarakat. Era disruption kemudian memunculkan cara bara dalam berinteraksi. Tidak hanya menjalankan usaha melainkan interaksi social, bisnis yang terjadi antar sesame manusia.
Era Digital 4.0 memungkinkan terjadinya shifting di bidang usaha, Renald Kasali, pakar manajemen UI menyebut berbagai bidang usaha mengalami shifting yakni dalam bidang konsumsi, pelayaran, transportasi, pendidikan, keuangan, perbankan dll. Jika kondisi shifting tidak mampu dimanfaatkan oleh dunia bisnis, maka dampaknya akan sangat berat.
 ***
Usaha rintisan Fintecht pelan-pelan menjadi ancaman bagi perbankan nasional. Kemudahan yang diberikan serta mampu menjawab persoalan masyarakat membuat usaha rintisan ini jadi pilihan baru. Sebut saja misalnya Gojek yang mulai bermain di wilayah konsumsi. Memanfaatkan Gopay dalam transaksi pembayaran di beberapa gerai makanan. Hasilnya, Kita lihat antrian begitu mengular.Â
Bukalapak yang mulai masuk sector pendanaan  dengan membuka Buka Dana. Kemunculan OVO, Flip, Traveloka Pay menjadi pilihan baru masyarakat.  Dukungan pemerintah juga nampaknya makin besar, Kemenkominfo memproyeksikan pada 2020, ekonomi digital di Indonesia bisa tumbuh mencapai 130 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.700 triliun.
GoJek yang awalnya kita kenal sebagai usaha bisang transportasi menggeser market mereka ke rumah tangga dan konsumsi. Di acara SCG Investment Forum pada hari Rabu (3/10) yang lalu, Head of Corporate Development GoJek, Justin Choi mengatakan ambisi mereka menguasasi sector fintech di masa depan. Makanya mulai tahun ini pelan pelan mereka akan mengakuisisi market para pendahulu di sector perbankan.Â
Di acara yang bertemakan  #DigitalPassions : Transformations that change you tersebut tersebut terungkap promosi besar-besaran Gopay terjawab. Ingin memberi solusi setiap masalah masyarakat.