Refleksi Individu Modul 2.1
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7
Berada di kelas dengan beragam keunikan murid mengharuskan saya sebagai guru menjadi pribadi yang serba bisa merangkul berbagai potensi. Setiap murid saya memiliki ekspresi yang bervariasi untuk menampilkan kemampuan yang mereka miliki. Untuk melayani beragam kemampuan murid, saya berupaya diberbagai kesempatan untuk tetap melakukan penilaian terhadap apapun hasil kerja yang dimiliki murid. Penilaian yang saya berikan dapat berupa penilaian selama proses yang dilalui maupun output sebagai hasil akhir pembelajaran. Saya mencoba beberapa variasi belajar yang telah banyak direkomendasikan oleh praktisi pendidikan sebagai praktik baik dalam berbagi pengalaman belajar.
Saya melakukan penyelidikan atas kemampuan dan minat yang murid saya miliki sebagai langkah awal untuk membuat proses pembelajaran selanjutnya lebih mudah bagi murid. Catatan dari hasil penyelidikan ini akan menjadi referensi bagi guru untuk memutuskan alur proses pembelajaran apa yang akan mereka lalui nantinya dengan demikian tidak menutup kemungkinan ada siswa yang harus mendapatkan perlakuan/treatment yang berbeda dengan murid lainnya. Misalnya siswa dengan kemampuan menggambar yang baik karena minat seni yang dimiliki siswa tersebut adalah tinggi maka saya berupaya menuntun tumbuhnya potensi yang dimilikinya melalui memberi sumber belajar sesuai minat dan bakatnya.
Keragaman murid-murid yang hadir dikelas saya bukanlah tidak memunculkan tantangan bagi diri saya secara pribadi sebagai pendidik. Salah satu tantangan yang muncul adalah durasi yang dibutuhkan selama proses pembelajaran yang dirasa masih kurang. Waktu yang tersedia terkadang tidak cukup untuk mengakomodir seluruh langkah pembelajaran yang telah dirancang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tantangan berikutnya adalah merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid saya. Desain yang terbaik tentunya akan mendukung keberhasilan pembelajaran yang dimiliki kelas saya sehingga sebagai hasil kolaborasi dan diskusi bersama rekan guru tentunya memberikan sumbangsih saran yang dapat saya terapkan untuk mengatasi tantangan sayang saya temui.
Pembelajaran di kelas  untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid idealnya dirancang sesuai dengan tujuan akhir yang dicita-citakan untuk setiap pembelajaran. Dalam proses pelaksanaannya, guru hendaknya patuh mengikuti rancangan yang telah dibuat sehingga tidak lagi ada kendala yang muncul ditengah proses kegiatan belajar karena adanya langkah yang tidak sesuai dengan rencana. Hasil akhir pembelajaran juga harus dinilai sebagai evalusi atas berhasil atau tidaknya praktik pembelajaran yang telah dilakukan.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H