Mohon tunggu...
Isma Nuryani
Isma Nuryani Mohon Tunggu... Guru - Guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Cilacap

Seorang guru sekaligus Ibu dari dua anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diseminasi Budaya Positif di Sekolah

3 Februari 2023   13:38 Diperbarui: 3 Februari 2023   13:46 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai rangkaian tugas dari kegiatan guru penggerak, salah satunya adalah aksi nyata. Pelaksanaan aksi nyata diharapkan tidak hanya sekedar tugas saja. Akan tetapi pelaksanaan aksi nyata akan dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan dan penuh tanggungjawab.
Sebelum saya membuat aksi nyata, yang saya lakukan pertama kali adalah menyusun Rancangan Aksi Nyata Disiplin Positif sebagai berikut ;

A. Latar Belakang
Yang mendasari saya melakukan aksi nyata ini adalah siswa belum melaksanakan kesepakatan kelas yang telah disusun bersama. Sehingga seringkali terjadi pelanggaran yang dilakukan  siswa terhadap kesepakatan kelas. Padahal kesepakatan kelas tersebut disusun untuk menumbuhkan disiplin positif di kelas secara khusus dan lingkungan sekolah secara umum. 

Saya merasa perlu menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kesepakatan yang telah dibuat bersama. Sehingga, saya menyusun keyakinan kelas bersama siswa untuk menumbuhkan kesadaran mereka dalam pelaksanaan budaya positif. Agar  budaya positif di lingkungan sekolah terbentuk dari dalam diri siswa sendiri (motivasi instrinsik).

B. Tujuan
Diharapkan siswa memahami keyakinan kelas yang disusun berdasarkan nilai-nilai kebajikan dengan sadar.
Diharapkan siswa secara konsisten mampu mengaplikasikannya dalam perilaku/ tindakan mereka di kelas / sekolah sehari-hari, sehingga terbentul budaya positif di kelas/ sekolah.

Diharapkan praktik baik ini dapat ditularkan kepada rekan guru, sehingga nantinya rekan guru mampu budaya positif berupa keyakinan kelas.

C. Tolak Ukur
Bukti dokumentasi bahwa siswa sangat antusias mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan "Segitiga Restitusi" dan " Keyakinan Kelas" yang merupakan implementasi budaya positif di kelas / lingkungan sekolah.

Bukti dokumentasi bahwa rekan sejawat dalam mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan diseminasi / guru berbagi dalam mengenal budaya positif yang bisa dikembangkan seperti membuat keyakinan kelas dan segitiga restitusi.

D. Lini Masa Kegiatan Aksi Nyata
Menyusun rencana kegiatan aksi nyata.
Melakukan kegiatan aksi nyata membuat "Keyakinan Kelas".
Pengimbasan / diseminasi budaya positif kepada rekan guru.
Diskusi, refleksi, evaluasi, dan sharing pasca kegiatan aksi nyata yang dilakukan di kelas.
Membuat video aksi nyata dengan mengunggah di Drive, Youtub, dan Guru Berbagi (PMM)

E. Dukungan Yang Dibutuhkan
Kepala sekolah dan rekan guru
Murid dan wali murid
Komite sekolah dan masyarakat sekitar.

F. Pelaksanaan Aksi Nyata
Sekitar akhir Desember pembelajaran CGP angkatan 7 selesai untuk modul 1. sebagai penutup kegiatan modul 1 yaitu melakukan aksi nyata modul 1.4 tentang budaya positif. Aksi nyata kali ini berbeda dengan aksi nyata sebelumnya. Perbedaan terletak pada himbauan untuk berbagi dan melakukan diseminasi materi kepada rekan guru sejawat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun