Mohon tunggu...
Ismail Nainggolan
Ismail Nainggolan Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Mahasiswa di STTBI Petamburan

nama saya ismail nainggolan saya mahasiswa sttbi petamburan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Teori Behavioristik tentang Perjumpaan yang Mengubahkan dan Implikasinya terhadap Pandangan Kristen Aras Utama pada Gereja Pentakostal

12 November 2021   10:33 Diperbarui: 12 November 2021   10:43 835
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendahuluan

     Arti Behavior adalah sikap tingkah laku kita sehari-hari. Kadang-kadang sikap ini dibentuk oleh latar belakang keluarga, pendidikan, media yang kita konsumsi. Namun behavior juga merupakan ekspresi dari karakter seseorang. Teori behavioristik adalah teori yang mempelajari seluk beluk  perilaku manusia yang dilakonkan setiap hari. tindakan manusia itu dapat berkolaborasi dengan stimulus sebagai pengalaman yang berasal dari luar diri manusia itu sendiri sebagai respon yang seperti memberikan keuntungan bagi diri seseorang. Pengalaman manusia akan terus bertambah bila manusia itu mendapat hal hal yang baru dan dapat membuatnya semakin berkembang.

Demikian jugalah dalam proses ibadah Kristen akan selalu di jumpai peningkatan cara berpikir jika itu membuatnya lebih maju. Paulus sebelumnya bernama Saulus yang konon hidupnya sangat bertentangan dengan kekristenan karena dia seorang yang berpendidikan dalam agama farisi maka saulus memanfaatkan pengetahuannya untuk membuat stimulus hidupnya dihadapan mahkamah agama, lalu meminta surat tugas atau mandat untuk menekan kekristenan Kisah rasul 9:1-2, dan bahkan berencana memusnahkan umat Kristen. Tetapi dalam perjalananya paulus berjumpa dengan Yesus di tengah jalan Kisah rasul 9:3-6.

Perjumpaan yang sangat tragis sampai saulus melihat kilauan cahaya turun dari langit yang membuatnya sampai buta. Dari pengalaman ini apa yang di ketahui selama ini terlalu kecil dibandingkan dengan apa yang akan dianugerahkan oleh Yesus kepadanya. Stimulus yang ia dapatkan adalah kehidupan yang kekal dan Paulus menyadari bahwa yang diperbuatnya selama ini bersama orang Farisi dan mahkamah agama diluar konteks dari pada Allah. Sejatinya bahwa pengalaman sebelum berjumpa dengan Tuhan, dianggap sampah setelah perjumpaannya dengan lawatan Tuhan Yesus. Pengalaman paulus begitu kokoh dalam mengikut Yesus.

Dahulu Paulus yang mengancam orang Kristen tetapi setelah bertjumpa dengan Yesus bahkan ia rela di sesah bahkan rela dipenjara oleh mahkamah agama. Sehingga perjumpaan dengan Tuhan mengubah perilaku pada diri paulus menjadi orang Kristen dan bukan karena tinggi teologinya. Paulus merasa paling bodoh dihadapan siapapun karena apa yang dia tahu selama ini tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan kehendak Tuhan.

isi

Jika berbicara tentang Kristen, Maka kita berbicara tentang wawasan yang mencakup seluruh komponen dari berbagai lapisan manusia yang secara sadar atau tidak sadar menyatakan diri sebagai pengikut Kristus, dan begitu menyebar diseluruh penjuru dunia. Boleh dikatakan bahwa Kristenlah organisasi spiritual yang terbesar di muka bumi ini. Mungkin karena organisasi terluas di dunia dan dipenuhi dari berbagai suku bangsa, dan juga budaya-budaya yang sangat kontras ditambah lagi dengan bahasa yang sangat beragam maka hakekat dari organisasi itu sering menjadi abstrak. Dalam 1korintus 12:12-31 Yesus menggambarkan bahwa Kristen itu bagaikan tubuh yang terdiri dari bermacam macam latar belakang serta kepentingan yang sungguh berbeda, tentu tidak akan dapat memberi pungsi yang sama.

Bagian dari tubuh memberikan kontribusi yang pasti berbeda, sesuai dengan panggilan dan penciptaan terhadapnya. Tetapi keberagaman dalam tubuh dan pungsi yang tersalur semuanya hanya dapat di atur oleh kepala. Artinya tidak ada satu pungsi dari tubuh itu tanpa perintah dari kepala. Jika ada gerakan yang terjadi dilakukan oleh  bagian dari tubuh maka gerakan itu tidak akan menjadi kontribusi yang baik bagi keseluruhan tubuh itu sendiri. Keberagaman dari tubuh itu menjadi harmoni yang indah karena memiliki sistim yang unik di antara tubuh yang lain sehingga satu sama lain menjadi sempurna.

Dengan gambaran ini maka kekristenan itu adalah tubuh Kristus yang terbagi bagi sesuai dengan panggilan yang ada padanya. Sekalipun yesus menggambarkan serta mengajarkan hal itu, namun manusia Kristen menangapinya dengan logika biologis. Dimana tubuh yang satu sepertinya tidak terima dengan tubuh yang lain. Berbicara tentang teori behavioristik yang mengatakan bahwa perjumpaan membawa perubahan. Gereja gereja aras utama tidak menyetujui tentang gereja gereja pembaharuan seperti gerakan pentakostal.

Gereja aras utama hanya berpatokan pada apa yang sudah terkanonik didalam alkitab. Dan mereka berpendapat tidak ada lagi penyataan dari Allah di luar konteks alkitabiah.

Pandangan ini adalah pandangan manusia atau bisa disebut logika manusia. Gereja aras utama tidak lagi mencari stimulus yang baru dan lupa tentang Allah yang tidak pernah berhenti melakukan penyataan terhadap ciptaan-Nya dan juga tidak bisa dibatasi oleh logika apapun. Sekalipun manusia berdoa secara serentak tidak akan dapat menghentikan penyataan Tuhan. Seorang fundamentalis terkemuka bernama C. Campbell Morgan menyebut bahwa pentakosta adalah muntahan terakhir dari satan.

Dengan pendapat ini menambah penolakan manusia terhadap kehendak Allah. Theologi yang tinggi belum tentu dapat mengerti tentang rahasia Allah. Dalam tulisan Paulus  1Korintus 1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah memalukan yang kuat,. Persaingan Teologi yang membubung tinggi di tambahi dengan filsafat yang tersohor dapat menggeser nilai pesan dari Tuhan. Karena manusia dari purba kala selalu menilai orang dari cara berpikir dan dari cara bicara. Perlakuan yang rendah sekalipun dapat di fermak oleh kata kata yang manis dan kata yang masuk logika.

     Gereja pentakostal selalu berorientasi bahwa pewahywan Allah akan tetap  bergerak dinamis, di luar dari nalar atau kesadaran manusia. Gereja pentakostal terlahir dari pengalaman yang terjadi ketika Roh kudus melawat umatnya. Perjalanan gerakan pentakosta dimulai dari beberapa orang saja dan sangat sedikit. Tetapi seiring dengan waktu yang tergolong singkat  mampu merambatkan pengajaran sampai manca negara dan melingkupi banyak dari negara di dunia. Banyak juga berpendapat bahwa gereja pentakostal membawa nilai tersendiri yang dianggap dapat mengisi ruang yang masih kosong sehingga bagi mereka pantas mendapat peneneriman  dengan baik. Tetapi terkadang kehadiran dari model baru sering merusak sistim yang sudah terbangun oleh budaya yang sudah dianggap mapan. Prinsip manusia dapat terganggu jika ada yang mengusik keberadaannya. Tetapi prinsip itu dapat berubah jika mendapatka hal baru yang menguntungkan tanpa mengganggu yang sudah ada.

     Th Sumartana Seorang pastor katolik Yokjakarta mengatakan bahwa semua manusia mempunyai cahaya Ilahi. Karena manusia bukan hasil ciptaan setan tetapi adalah ciptaan Allah. Maka Allah menciptakan manusia sebagai peta dan teladan Allah. Dengan pendapat ini maka seorang Kristen dapat berharap penantian rahasia dari Allah terhadap dirinya.

Pandangan ini yang terus mengupgrade gerakan pentakosta melakukan terobosan terobosan baru dalam peribadatan. Dan ternyata gereja pentakosta sangat banyak mengalami lawatan perjumpaan dengan sang khalik. Mereka berpendapat bahwa pertemuan dengan Tuhan sangat dimungkinkan apabila direspon dengan baik. Gerakan pentakosta mengimani bahwa ilham dari Allah, Roh kudus akan selalu melawat umatnya sepanjang masa. Perjumpaan dengan Roh kudus satu hal yang dinantikan oleh gereja pentakosta dan mereka tidak berhenti berinovasi dalam ibadah untuk merespon pesan pesan dari Tuhan.

Perjumpaan dengan Tuhanlah yang mampu mengubah kehidupan seseorang, dan membawa stimulus yang kokoh bagi pribadinya. Gerakan pentakosta membawa energik yang baru semangat yang terbarukan serta tetap mengikuti pesan pesan Tuhan yang banyak tersembunyi didalam Alkitab. Bagi manusia Alkitab sudah Final untuk dapat memperbaiki kehidupan manusia itu sendiri. Tetapi bagi Tuhan Alkitab itu terlalu mini untuk saluran kehendak-Nya.

Yohanes 21: 25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus,tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus di tulis itu. Tulisan ini menjadi saksi bahwa terlalu banyak rahasia Allah yang belum termuat dalam Alkitab termasuk lawatan Tuhan yang tidak akan pernah berhenti sampai dunia ini benar benar berakhir.

Kesimpulan

     Sebagai sesama Kristen diharapkan menyadari bahwa kehadiran manusia di muka bumi bukanlah karena hasil atau rekayasa dari pemikiran manusia itu sendiri. Melainkan ada satu oknum yang berkompeten, memiliki rencana secara menyeluruh yang sungguh diluar dari konteks pemikiran manusia sebagai mahluk yang hadir di muka bumi.

Banyak orang Kristen memiliki kartu tanda pengenal sebagai Kristen, tetapi tidak semua mengerti apa yang menjadi kebenaran dalam hakekat kekristenan. Seorang Kristen yang benar tidak boleh ambigu tentang ajaran yang yang benar. Setiap orang dimungkinkan dapat memiliki akses perjumpaan dengan penciptanya sesuai kehendak Tuhan. Tetapi sebagai umat harus bersedia dalam pengudusan diri serta  kesiagaan yang terjaga bila mana tuan itu datang melawatnya secara pribadi. Hidup adalah pilihan, berarti kebebasan berpikir dimungkinkan bagi semua orang. Pilihlah kesempatan yang terbaik dalam hidup di dalam Tuhan tanpa memaksakan kehendak  diri bagi orang lain terlebih bagi kedaulatan Tuhan di muka bumi.

Daftar Pustaka

Alkitab penuntun hidup berkelimpahan seri The Full live, 2013, lai. Gandum Mas

C. Campbell Morgan Fundamentalis

Bambang subandrijo .2010 Menyingkap pesan pesan perjanjian baruBandung Bina media Informasi.29.

Jhon drane, Memahami perjanjian baru, bpk Gunung mulia,Jakarta, 19962

Erastus Sabdono . 2016 Kehendak bebas manusia Gading kirana blok A 10 no 1 Rehobot

  Leonardo A.Sjiamsury . 2008, Manusia terkini menjadi orang Kristen yang menjawab tantangan. Nafiri Gabriel

Th Sumartana 2007 teologia religiom didalam meretasjalan teologi agama agama di Indonesia tim litbang pgi Jakarta Bpk gunung mulia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun