Pada dasar nya segala sesuatu yang ada di bumi ini adalah halal untuk digunakan, sehingga semua yang kita lakukan kalau tidak salah arah tidak akan ada ada hukum yang melarang bahkan mengharamkannya. Â Karena dalam islam sendiri waktu itu segalanya . Begitu pula dengan hukum bermain catur atau game, segala yang kita perbuat akan menimbulkan hukum, Â baik itu halal, mubah, makruh bahkan haram. Segala perbuatan dapat merubah hukum tergantung yang kita lakukan dan tergantung benda yang kita gunakan. Â Mengapa catur dikaitkan dengan game karna catur sendiri merupakan permainan yang menguras waktu yang sia-sia sama halnya dengan bermain game. Menguras waktu yang bermanfaat bahkan melalaikan waktu yang sangat berharga.
Karena pendapat resmi madzhab syafi'i sendiri ialah bahwa bermain catur hukumnya makruh. Tetapi jika disertai dengan perlakuan yang mendasari hukum sampai kepada haram seperti bermain catur atau game dengan disertai judi, kata-kata kotor, mengimb-imbangin orang atau sampai menimbulkan permusuhan .
Sebagaimana imam asy-syfi'i  radiallahu'anhu mengatakan:                                                                                                        Â
" kami tidak menyukai bermain catur "
Dan diriwayatkan juga oleh al-imam an-nawawi yang menegaskan maksud ucapan sang imam di atas :
                                                                                                                   " dimakruhkan bermain catur "
Inilah pendapat resmi madzhab syafi'i sekalipun di internal madzhab ada ulama yang menghukuminya mubah serta ada pula yang mengharamkannya. Sedangkan adapun dalil yang menghukumi kemakruhannya ialah bahwa permainan ini terbukti membuang banyak waktu pada hal yang tidak begitu bermanfaat sehingga membuat orang lain lalai akan beribadah seperti shalat, berdzikir dll.
Karena dalam islam sendiri waktu itu sangat berharga dalam segala hal.  Waktu yang hilang tidak akan kembali lagi , dan segala yang bermanfaat tidak akan terulang kembali.  dan sejumlah sahabat  juga mencela permainan catur atau pun game dan sejenisnya , bukan alat yang menjadi pertimbangan hukum namun permainan yang menjadi hukum itu berubah. Karna alat permainan itu tidak haram disentuh atau pun di beli, nam  un keharamannya terletak pada pelaksanaannya yang membuat kita akan lupa pada waktu dan kegiatan yang berubah kita  mengingat kepada Allah.
dan diantara mereka ialah amirul mu'minin ali bin abi thalib radiallahu'anhu ketika melewati sekelompok orang bermain catur maka beliau menegur sembari membacakan dalil qur'an surat an-anbiya' ayat 52 sebagaimana bunyinya :
"Patung-patung apakah ini yang kamu tekun menyembah.? "
Teguran ali radiyallahu'anhu ini dipahami sebagai teguran keras, karena kesia-siaan bukan karena keharaman, atau karena mereka saat itu terbukti melalaikan waktu shalat. Adapun mengingat bermain catur pun membantu seseorang berlatih memikirkan strategi perang. Dan orang non arab khususnya warga lokal sendiri indonesia memainkan catur sebagai judi sehingga hukum pelaksaan catur tersebut haram. Sama hal nya dengan madzhab- madzhab lainnya. Â
Namun diantara penguat bahwa permainan ini pada dasarnya tidak sampai level haram ialah bahwa sebagian sahabat diriwayakan membolehkan atau turut bermain catur pula. Demikian juga sejumlah tabi'in sekelas al-hasan al-basri , sa'id bin jubair, muhammad bin sirrin, hisyam bin urwah dan asy-sya'bi rahimahumullah. Â
dan menariknya  para ulama syafi'iyyah juga menyatakan bahwa seorang pengikut madzhab syafi'i juga menyatakan bahwa seorang pengikut madzhab syafi'i haram bermain catur atau game dengan orang yang meyakini keharaman nya begitu pula dengan madzhab maliki, hanafi, hambali catur akan haram jika menjauhka diri dari perintah allah dan begitu pula dengang orang yang menjadi pengikut main catur atau penonton perjudian termasuk haram melihatnya karena membantu dalam berbuat dosa.  ( lihat nihayatul muhtaj VIII/295, Raddul Muhtar VI/394 )
Dari penjelasan singkat kesimpulan dari bermain catur ini bukanlah semua yang dilakukan menjadi hukumnya haram tetapi jatuhnya hukum sampai kepada keharaman bermain catur itu karena pelaksanaan.
        Â