Mohon tunggu...
ISJET @iskandarjet
ISJET @iskandarjet Mohon Tunggu... Administrasi - Storyteller

Follow @iskandarjet on all social media platform. Learn how to write at www.iskandarjet.com. #katajet. #ayonulis. Anak Betawi. Alumni @PMGontor, @uinjkt dan @StateIVLP. Penjelajah kota-kota dunia: Makkah, Madinah, Tokyo, Hong Kong, Kuala Lumpur, Langkawi, Putrajaya, Washington DC, Alexandria (VA), New York City, Milwaukee, Salt Lake City, San Francisco, Phuket, Singapore, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Dubai, Bangkok.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kompasiana, Media Digital untuk Konten Berkualitas

16 Juni 2011   17:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:27 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pagi tadi, saya mendapat kabar menggembirakan dari Hazmi Srondol, salah seorang Kompasianer yang sedang memahat namanya menjadi sebuah merek (alias mem-branding namanya) lewat sebuah buku humor berjudul Gayus Srondol ke Italy. "Tulisan saya di Kompasiana mau dipakai Indomie buat ditayangkan di majalah Tempo, Bang!" ujarnya, berapi-api.

Informasi itu dia terima beberapa waktu lalu dari sebuah agency periklanan yang mengatasnamakan Indomie. Tulisan yang dimaksud adalah sebuah reportase lama berjudul "Indomie Rebus Mas Kun" yang menceritakan nostalgia Indomie di kantor lama mas Srondol.

Senyum saya langsung merekah mendengar kabar baik tersebut. Bagaimana tidak. Tulisan itu tidak ditulis untuk Indomie dan tidak pernah diikutkan dalam lomba yang pernah diadakan oleh Indomie. Menurut informasi yang didapat si Srondol yang satu ini, Indomie pernah mengadakan lomba menulis, tapi tidak menemukan satu konten yang bagus untuk dijadikan sebagai materi kampanye produk mereka. Saya membayangkan, ketika Agency yang bertugas bertanya-tanya ke mbah Google, kira-kira ada tidak tulisan yang bagus seputar Indomie, akhirnya ditunjukkanlah satu tulisan seksi seputar Indomie di Kompasiana milik mas Srondol tadi.

Atau kurang-lebih seperti itu asal-usul digunakannya tulisan mas Srondol oleh tim Indomie. Kalau sudah bicara iklan, konten apapun yang digunakan oleh Agency jelas membuahkan gemericik uang untuk si empunya. Tulisan tak ubahnya foto, kedua-duanya sama-sama masuk dalam kategori konten (termasuk juga konten dalam bentuk video dan audio). Anda pasti sudah tahu kan, kalau foto seorang jurnalis foto digunakan untuk materi iklan, nilainya menjadi sedemikian mahal. Saya menduga, kurang lebih seperti itulah nasib baik yang sedang dialami oleh mas Hazmi.

Bicara soal Indomie, Jurnalis Warga dan Kompasiana, ada satu lagi tulisan Kompasianer yang jauh lebih seksi dari tulisan mas Srondol dan dibaca oleh ratusan ribu orang. Ya, Anda benar. Tulisan yang saya maksud adalah berita razia Indomie yang dibuat oleh Okti Li dan Blindie Lee, dua Kompasianer yang tinggal dan bekerja di Taiwan. Karena kedua berita itu memiliki bobot berita yang sangat seksi, yang beramai-ramai menggunakannya adalah media massa di Indonesia. Hampir semua koran, majalah dan televisi merekam fenomena razia Indomie oleh Departemen Kesehatan Taiwan. TVOne bahkan secara lugas menyertakan tulisan Blindie Lee sebagai bagian penting dalam liputannya--sebuah sikap yang belum diadopsi oleh banyak media mainstream Indonesia. Walhasil, Blindie dan tulisannya waktu itu masuk TV!

Saya lalu teringat dengan pengalaman lain terkait berkah yang didapat Kompasianer dari tulisan yang mereka tayangkan di Kompasiana. Herman Hasyim, misalnya, dipercaya sebagai editor lepas sebuah majalah milik perusahaan migas terkemuka. Rupanya rezeki yang diterimanya itu terkait erat dengan tulisan-tulisan bernasnya yang sangat dinikmati oleh seorang praktisi komunikasi di industri migas yang kebetulan sedang menerbitkan majalah untuk perusahaan tempat dia bekerja.

Yusron Darmawan yang dikenal dengan berita-berita kuat dan mendalam juga mengaku mendapatkan beasiswa ke luar negeri setelah panitia seleksi membaca tulisan-tulisannya di Kompasiana.

"Dampak tulisan itu sangat besar. Seorang juri di tingkat nasional langsung menghubungiku. Ia mengajak berbincang tentang beberapa artikel yang kubuat di Kompasiana. Ia merespon baik dan mengatakan bahwa artikelku sangat bermanfaat serta dibaca banyak orang." Tulis Darmawan.


Konten berkualitas

Itulah fakta yang terjadi di Kompasiana. Didukung oleh lebih dari 70 ribu Kompasianer, tidak aneh jika Kompasiana kemudian berubah menjadi wadah konten bermutu dan berkualitas. Meskipun konsep yang diusung Kompasiana adalah media warga (Citizen Media), namun proses yang dialami oleh setiap Kompasianer memungkinkan mereka untuk terus meningkatkan kualitas tulisannya dari waktu ke waktu. Mereka bebas melakukan pendalaman dan mengamatan atas sebuah peristiwa. Mereka juga punya kapasitas dan kemampuan intelektual untuk mengangkat sebuah isu dan membedahnya dengan beragam mata pisau keilmuan.

Hebatnya lagi, dalam satu tarikan nafas, mereka berperan-ganda sebagai pencari data, penyaji informasi, pengedit tulisan dan produser konten yang, dengan kesadaran penuh, bertanggungjawab atas apa yang mereka sajikan untuk pembaca setia.

Terlebih, latar belakang Kompasianer sangatlah beragam. Pelajar, politisi, ibu rumah tangga, dokter, guru, wartawan, pelaut, pengamat, sastrawan, ekonom, pejabat publik, diplomat, sampai pemilik perusahaan besar juga ikut ngeblog di Kompasiana. Sehingga tema apapun yang dicari, dijamin tidak terlalu sulit menemukan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun