Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Masih Adakah yang Peduli dengan Jadwal Acara Televisi?

14 Oktober 2023   07:29 Diperbarui: 14 Oktober 2023   07:34 786
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Acara televisi yang dimuat Kompas, 9 Mei 2010|dok. Muhammad Abdul Karim/kkyt.quora.com

Dulu, hingga dekade 2000-an, setiap saya membaca koran, salah satu rubrik yang selalu saya simak dengan baik adalah daftar acara berbagai stasiun televisi. 

Bahkan, sewaktu TVRI menjadi satu-satunya stasiun televisi, yakni sebelum RCTI lahir pada tahun 1989, saya sudah rutin melihat jadwal acaranya di koran.

Padahal, sebetulnya tanpa melihat koran pun saya sudah hafal jadwal acara TVRI, kecuali bila ada acara yang irreguler seperti siaran langsung olahraga.

Beberapa mata acara TVRI yang saya gemari antara lain: Musik Minggu Ini, Aneka Ria Safari, Drama Seri Losmen, dan siaran Dunia Dalam Berita setiap pukul 21.00 WIB.

O ya ada satu acara kuis yang menjadi favorit saya, yakni "Berpacu Dalam Melodi" dengan pembawa acara Koes Hendratmo dan musik pengiring Ireng Maulana All Stars.

Satu lagi, acara yang edukatif berisikan pertanyaan pengetahuan umum bertajuk "Cerdas Cermat", sering saya ikuti. 

Masalahnya, acara TVRI sering tiba-tiba berganti dengan siaran langsung yang meliput acara Presiden Soeharto atau acara-acara kenegaraan lainnya.

Hanya saja, karena TVRI tak ada saingan, maka acara-acaranya tetap ditonton masyarakat, termasuk acara khusus Iklan "Mana Suka Siaran Niaga".

Namun, dalam perkembangannya kemudian, TVRI dilarang menyiarkan iklan. Baru setelah televisi swasta lahir, iklan di televisi kembali diperbolehkan.

Setelah munculnya beberapa stasiun televisi, daftar acara televisi yang ada di koran menjadi penting, karena saya bisa memilih stasiun televisi mana yang akan saya tonton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun