Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ustaz atau Ustazah, Sebuah Profesi atau Semata Ibadah?

8 April 2022   07:38 Diperbarui: 8 April 2022   07:42 1192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ustaz Abdul Somad|dok. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal, dimuat Kompas.com

Seorang putri artis yang masih berusia 6 tahun, mengatakan ingin menjadi ustazah ketika diwawancarai oleh reporter acara seputar dunia selebriti di sebuah stasiun televisi.

Sungguh mulia cita-cita putri artis yang di usia sekecil itu sudah memakai hijab. Bukankah lebih banyak anak-anak artis yang menginginkan nantinya jadi artis juga?

Jelas, ada perbedaan antara artis dan ustaz atau ustazah, meskipun keduanya bisa saja menjadi sama-sama public figure. Artis dianggap lebih dekat ke soal duniawi, sedangkan ustaz atau ustazah lebih dekat ke soal ukhrawi.

Tapi, anggapan seperti itu tidak berlaku mutlak, karena urusan dunia dan akhirat tersebut bisa saja sudah membaur. Artis yang lagunya atau film yang dibintanginya bermuatan religi, bisa menggugah penggemarnya untuk lebih ingat soal akhirat.

Sementara itu, meskipun untuk "reward" utama atas pekerjaan ustaz adalah berupa pahala dari Allah, tak urung juga bisa menjadi "profesi" dalam arti mendapatkan honor berupa uang.

Contohnya, baru-baru ini putra saya baru saja mengakikahkan anaknya yang baru lahir, yang sekaligus menjadi cucu pertama saya.  

Ketika itu, ada seorang ustaz lokal yang dikenal di lingkungan asrama yatim piatu tempat acara akikah berlangsung, yang memberikan semacam ceramah sekaligus memimpin doa. 

Takut nanti anak saya lupa, ketika acara mau berakhir, saya bisikkan ke anak saya, apakah ia sudah menyiapkan amplop untuk pak ustaz?

Untungnya anak saya sudah menyiapkan sambil bertanya apakah cukup diisikan sejumlah beberapa lembar uang Rp 100.000. Saya sebetulnya tidak paham tentang standar amplop ustaz lokal, tapi saya dengan feeling saja, bilang oke ke anak saya.

Kesan beberapa ustaz seperti mengkomersilkan ceramahnya, adakalanya tidak terhindarkan. Namun, tentu saja semuanya tergantung niat masing-masing penceramah.

Dan soal niat, itu tersemat dalam hati yang tidak akan diketahui orang lain. Hanya orang itu dan Allah yang tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun