Mohon tunggu...
Irvandi Romadhon
Irvandi Romadhon Mohon Tunggu... Freelancer - Up To Date

Up To Date

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Permainan dalam Matematika

29 Juni 2019   21:42 Diperbarui: 29 Juni 2019   21:47 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Secara umum dalam pembelajaran terutama pembelajaran matematika dibutuhkan media yang dapat memberikan pemahaman konsep kepada para siswa.  Apabila materi itu disajikan dengan cara yang kurang tepat, tidak mustahil akan timbul pada diri peserta didik rasa tidak senang terhadap pelajaran (Depag RI, 2002 : 100). Rosyada (2010) mengatakan manfaat media pembelajaran diantaranya adalah sebagai sumber belajar, menambah perbendaharaan kata bagi siswa, mengatasi batas ruang, waktu dan indra, membantu siswa berkomunikasi dengan yang lain.

Kegunaan lain dari media yaitu sebagai alat peraga bagi guru dalam proses pembelajaran. Saat pembelajaran berlangsung, interaksi antara guru dan siswa dapat lebih interaktif dan siswa lebih fokus pada pembelajaran. Hal yang diharapkan dalam penggunaan media pembelajaran ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat dibandingkan dengan cara mengajar yang tradisional.

Beberapa permainan yang dapat digunakan guru untuk pembelajaran, antara lain:

1)  Ular Tangga

Ular tangga merupakan permainan anak-anak yang disajikan dalam bentuk kertas persegi atau papan terdiri dari angka, tangga, dan ular. Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pada kertas atau papan terdapat berupa berupa kotak kecil yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.

Cara memainkannya sama seperti permainan ular tangga biasa. Guru dapat mengkreasikan gambar sesuai dengan materi yang ingin disajikan. Sebagai contoh, ular tangga Penerapan Bilangan Bulat.

Langkah bermain:

1.  Permainan terdiri dari 2-5 orang

2. Terdapat satu dadu untuk dikocok

3. Peserta yang lebih dahulu bermain itulah yang berhak mengocok dadu pertama kali.

4.  Langkah maju sesuai dengan angka yang muncul di dadu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun