Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Freelance Editor dan Penerjemah Kepustakaan Populer Gramedia | Eks Redaktur Tabloid BOLA | Eks Redaktur Pelaksana Tabloid Gaya Hidup Sehat | Eks Redaktur Pelaksana Majalah BOLAVAGANZA | Bekerja di Tabloid BOLA Juli 1995 hingga Tabloid BOLA berhenti terbit November 2018

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Labu Siam Mini dan Tekanan Darah Tinggi

5 Juli 2022   11:59 Diperbarui: 11 Juli 2022   01:31 1532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Labu siam mini yang punya banyak manfaat. (Sumber: Showroom BTMCR Online)

Pernah menyantap labu siam mini rebus? Rasanya lezat sekali. Crispy, juicy, ada manis-manisnya juga. Enak sekali. Mama saya pernah suatu kali merebus labu siam itu demi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sekarang, tekanan darah saya lumayan tinggi, tapi dulu beda ceritanya. Tekanan darah saya sangat rendah, rata-rata 90/70 mmHg. Tapi, saya ikut menyantap labu siam mini yang direbus mama.

You know, saya jadi ketagihan. Setiap hari saya harus makan setidaknya satu biji, lebih sering 3 buah dalam satu hari. Jika tidak, rasanya ini lidah belum bisa berhenti makan. Pokoknya saya ketagihan labu siam, atau chayote dalam bahasa Inggris. Kelas berat.

Sampai suatu hari, saya nyaris nggeblag ketika sedang menunggu bus TransJakarta. Tiba-tiba pandangan saya putih semua. Untung saja ada seorang mbak baik hati yang memberi saya minum dan minyak kayu putih. Lalu dia juga meminta petugas yang berjaga untuk mencarikan taksi untuk saya pulang.

Saya batal ke kantor hari itu dan keesokan hari saya ke dokter. Ternyata tekanan darah saya sangat sangat rendah, mencapai 70/50 mmHg. Mungkin lebih rendah lagi dan saya akan 'lewat'. Saya tidak mengatakan kepada dokter bahwa saya menyantap labu siam mini setiap hari.

Sejak itu, saya berhenti menyantapnya. Tapi, butuh waktu lama untuk menghilangkan rasa kepingin makan labu siam mini. Untung saja, mama berhenti merebut labu siam sejak itu. Beliau memilih untuk makan timun saja.

Labu siam itu sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan gizinya sangat beragam. Menurut situs Dr Axe, labu siam dengan berat sekitar 130 gram mengandung:

  • 25 kalori
  • 1,1 gram protein
  • Tidak mengandung lemak
  • 6 gram karbohidrat
  • 2,2 gram serat
  • 2,2 gram gula
  • 123 mikrogram folat
  • 10,2 miligram vitamin C
  • 0,2 miligram manganese
  • 5,4 mikrogram vitamin K
  • 1,0 miligram zinc
  • 165 miligram kalium
  • 0,1 miligram vitamin B6
  • 15,8 miligram magnesium
  • 0,6 miligram niacin

Dari pengalaman saya, diketahui bahwa labu siam mini ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Itu karena kandungan kalium yang tinggi.

Menurut situs Ayur Times, kalium membantu menyeimbangkan efek garam di dalam tubuh. Cara kerjanya adalah kalium mengurangi tekanan pada tekanan darah dan melebarkan arteri. Dengan demikian, aliran darah menjadi lancar, tersebar dengan mudah ke seluruh tubuh, dan mencegah naiknya tekanan darah.

Daging buah dan kulit labu siam mini membantu mengurangi tekanan darah, demikian menurut Ayur Times lagi. Oh iya, labu siam mini, tidak seperti labu siam besar yang dipakai untuk bahan sayur, bisa disantap semua bagiannya, termasuk kulit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun