Mohon tunggu...
Irsyal Rusad
Irsyal Rusad Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Internist, FK UGM

Internist. Tertarik dng bidang Healthy Aging, Healthy Live, Diabetes Mellitus Twitter; @irsyal_dokter

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Olahraga, Penyandang Stroke yang Lumpuh Pun Akan Bermanfaat

28 Januari 2023   09:19 Diperbarui: 28 Januari 2023   09:25 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tetangga saya, Tn AD, usia sekitar 60 tahun,  beberapa bulan yang lalu mengalami stroke, tapi tidak begitu berat. Tidak berapa lama dirawat di rumah sakit keadaannya membaik dan dibolehkan rawat jalan.

Kemudian, waktu saya jogging pagi hari ---Tn AD ini sering saya lihat senam sendiri di ruang garasi mobilnya, dan kadang-kadang berjalan dengan bantuan tongkat di depan rumahnya. "Alhamdulillah, sudah bisa olahraga Pak," ujar saya ketika bertemu  dia yang sedang berjalan  dengan bantuan tongkat di depan rumahnya- sebelum beliau mengalami serangan stroke saya boleh dikatakan tidak pernah melihatnya olahraga.

"Ya,  Pak Irsyal, saya memang dianjurkan harus tetap aktif bergerak, olahraga oleh dokter yang merawat saya. Sebenarnya saya ragu, apakah olahraga ini masih bermanfaat untuk saya, yang sudah mengalami stroke dan usia sudah lanjut begini," ungkap pasien seperti nada bertanya.

Tanpa ragu langsung saya jawab, "pasti pak, sangat bermanfaat, diantaranya dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, lemak darah, dan berat badan,  yang merupakan faktor risiko bapak mengalami serangan stroke. Olahraga juga memperbaiki sirkulasi darah, kapasitas aerobik, meningkatkan kebugaran tubuh, kekuatan otot yang pasti juga berpengaruh terhadap  kualitas hidup penderita stroke. Menurut penelitian pada penderita stroke, aktivitas  fisik dan mental, olahraga yang cukup, dapat mempercepat reorganizasi sel otak yang optimal, menurunkan kekambuhan, atau kemungkinan untuk mengalami stroke kembali lebih kecil," ujar saya kepada tetangga saya ini, sambil memberi semangat.

Disamping itu, olahraga dapat meningkatkan motivasi, percaya diri, memperbaiki suasana hati, mengurangi depresi. Dari aspek fisiologis olahraga juga dapat memperbaiki keseimbangan, meningkatkan kekuatan, kapasitas aerobik, dan kelenturan.

Dan, manfaat olahraga, aktifitas fisik tidak dibatasi oleh usia, bahkan penyakit anda. Dengan kata lain tidak ada istilah terlambat. Yang penting mulai sekarang juga, tidak menunggu sesuatu, misalnya kalau sudah sehat,  sudah kuat, punya  waktu. Sisihkan waktu anda  untuk itu, karena olahraga adalah sebagian dari hak tubuh anda. Kalau anda sakit, banyak tidur tidak akan membuat anda lebih sehat. Kalau anda lemas, tidur lama tidak akan menjadikan anda lebih kuat

Jadi, seperti apa yang dilakukan oleh tetangga saya yang baru pulih dari serangan stroke dengan gejala sisa, gangguan kelumpuhan dan kaku pada anggota geraknya yang  sebelah  kanan, maka, perlahan-lahan manfaat olahraga itu akan Ia peroleh dan akan menentukan perjalanan penyakitnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun