Mohon tunggu...
Irsyad Musyaffa Gumilar
Irsyad Musyaffa Gumilar Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Maulana Malik Ibrahim

UIN Maulana Malik Ibrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Penanganan Stres Kerja

4 November 2021   12:10 Diperbarui: 4 November 2021   12:18 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa? Stres kerja bisa mengganggu kinerja seorang karyawan?

Sebelumnya apa sih stres kerja itu? Stres kerja merupakan gangguan emosi yang diakibatkan tekanan atau masalah yang tidak bisa diselesaikan karyawan dalam sebuah interaksi di lingkungan kerja. Dengan kemungkinan terburuk dari stres kerja adalah karyawan mengalami gangguan mental, psikologis hingga depresi.

Penyebab stres itu bisa berasal dari mana saja seperti masalah dari dalam diri karyawan itu sendiri (melakukan kesalahan/kegagalan), lingkungan sekitar/lingkungan kerja (tempat kerja dirasa kurang nyaman), hingga masalah dari keluarga karyawan yang kemudian kinerja karyawan terdampak stres sehingga menurun.

Oleh karena itu jika terjadi stres kerja, jelas akan mengganggu kinerja karyawan di perusahaan karena hal tersebut.

Bagaimana cara mengatasi stres kerja?

Pada dasarnya stres bisa diatasi oleh diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat seperti tidur dengan cukup, makan makanan yang sehat dan rutin melakukan olahraga. Selain itu, karyawan juga harus bisa menyesuaikan diri dengan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan yang terakhir memberikan hiburan kepada diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai saat libur kerja.

Namun tidak semua karyawan bisa mengatasi stres kerja, disini lah peran dari perusahaan untuk mengatasi hal tersebut karena seperti yang kita tahu bahwa sumber daya manusia adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan.

Peran perusahaan untuk mengatasi stres kerja karyawan diantaranya adalah dengan melengkapi fasilitas kantor, membuat ruangan nyaman, hingga menambahkan kegiatan lain agar tidak suntuk bekerja seperti kegiatan outdoor dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, perusahaan diharapkan memaksimalkan peran dari bagian konseling dalam membantu karyawan yang sedang mengalami masalah yang berasal dari pekerjaan maupun luar pekerjaan.

Jadi stres kerja harus segera diatasi secara tuntas dengan beberapa cara seperti diatas karena bisa mempengaruhi kinerja karyawan menjadi lebih buruk dan akan merugikan perusahaan itu sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun