Buku karangan Hermawan Kertajaya ini dipersembahkan dalam rangka ulang tahun yang ke 62. Buku terbitan Kompas tahun 2010 ini mencoba memberikan ide baru dalam marketing. Hermawan Kertajaya mencoba mengajak pembaca mengubah paradigma lama marketing "legacy" (bersifat vertikal) menjadi marketing "new wave" (bersifat horizontal). Maksud vertikal disini hubungan antara customer dan company yang belum connect,sedangkan horizontal itu sudah connect. Jika dulunnya model vertikal menggunakan metode 4C maka pada model horizontal menggunakan metode 5C. 4C ini adalah change,competitor,company, customer, kemudian pada 5C ada tambahan connect. Connect ini akan menghubungkan change,competitor,company,customer. Connect ini bukan sekedar terhubung tapi juga melibatkan peran customer dalam bisnis, perubahan ide,dll. Pada era digital seperti sekarang mobile connect seperti : facebook,twitter,path,instagram, telah berperan besar dalam connect ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H