Mohon tunggu...
Ernawati
Ernawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Catatankita

Ceritakita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memaksimalkan Strategi Marketing Berbasis Online

27 Februari 2021   01:27 Diperbarui: 27 Februari 2021   01:43 473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

     Pada tanggal 21 Februari 2021, mahasiswa pamulang Prodi Manajemen fakultas Ekonomi telah memberikan sedikit informasi pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terkait “ Memaksimalkan Strategi Marketing Berbasis Online” yang telah dibimbing oleh Ibu Anah Furyanah, S.E., M.M. selaku dosen di Universitas Pamulang dan diketuai oleh Ii Rediawan dan beranggotakan Ernawati, Meliana, Resti Angelia dan Siti Zumaroh. Acara ini diadakan di Gudang Food Court Jl Maruga Raya, Ciputat, Tangerang dan dihadiri oleh para pelaku usaha Gudang food court itu sendiri

2-60392bc18ede48093e1173a2.jpg
2-60392bc18ede48093e1173a2.jpg
    Ditengah perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin meningkat dan persaingan bisnis yang semakin ketat , para pendiri UMKM dipaksa untuk terus mengikuti perkembangan teknologi juga agar usaha yang digeluti tetap bisa berjalan dan bersaing dengan yang lainnya

 

    Sebenarnya pelaku usaha yang ada di lokasi beberapa sudah menggunakan media Gofood atau pun Grabfood dalam usahanya , namun dari segi promosi nya masih sangat minim dan hanya mengandalkan pembeli yang ada di dekat area tersebut dan langganannya saja

 

    Oleh karena itu, dalam kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan sedikit edukasi dan motivasi kepada pelaku usaha untuk selalu memberikan promo menarik dan meng- ekspost nya pada media sosial yang saat ini sangat trend di dunia teknologi. Pada acara tersebut tidak hanya materi terkait pentingnya media sosial bagi bisnis saja yang di sampaikan , namun juga ada beberapa informasi mengenai pentingnya penggunaan kalimat atau kata - kata menarik yang bisa digunakan untuk promosi ke media sosial , misal “ Promo jumat berkah, beli 1 paket ayam geprek free es teh manis, semanis kamuu “

 

    Selain itu, pada PKM ini juga diberikan gambaran iklan di media sosial yang saat ini sedang hits seperti dalam aplikasi Tiktok, Instagram,Facebook dan masih banyak lagi tentunya untuk menarik pelanggan baru

 

Berikut beberapa contoh design promosi dan copywriting kekinian yang dibuat sebagai referensi para pelaku bisnis UMKM dilokasi tersebut

3-60392ba9d541df37b029d752.jpg
3-60392ba9d541df37b029d752.jpg
2-5-60392c65d541df66437c8363.jpg
2-5-60392c65d541df66437c8363.jpg
 

4-60392cbe8ede483adc46a9c2.jpg
4-60392cbe8ede483adc46a9c2.jpg
 

   Selain design diatas , kami juga memberikan beberapa contoh terkait video pendek menarik yang di posting dalam aplikasi tiktok yang beberapa waktu terakhir ini penggunanya meningkat sangat drastis dan dimanfaatkan oleh beberapa pebisnis juga

 

    Tambahan materi yang kami berikan juga ialah pemanfaat aplikasi whatsapp business dimana dalam whatsapp business ini penggunanya dapat merespon pesan secara otomatis juga mengirimkan iklan secara bersamaan kepada pelanggannya

 

    Setelah adanya acara PKM ini diharapkan para pelaku usaha UMKM dapat meningkatkan penjualannya dengan bantuan promosi di media sosial apapun dan dapat bersaing dengan pelaku bisnis yang lainnya

 

Thanks :)

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun