Pada tanggal 21 Februari 2021, mahasiswa pamulang Prodi Manajemen fakultas Ekonomi telah memberikan sedikit informasi pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terkait “ Memaksimalkan Strategi Marketing Berbasis Online” yang telah dibimbing oleh Ibu Anah Furyanah, S.E., M.M. selaku dosen di Universitas Pamulang dan diketuai oleh Ii Rediawan dan beranggotakan Ernawati, Meliana, Resti Angelia dan Siti Zumaroh. Acara ini diadakan di Gudang Food Court Jl Maruga Raya, Ciputat, Tangerang dan dihadiri oleh para pelaku usaha Gudang food court itu sendiri
Sebenarnya pelaku usaha yang ada di lokasi beberapa sudah menggunakan media Gofood atau pun Grabfood dalam usahanya , namun dari segi promosi nya masih sangat minim dan hanya mengandalkan pembeli yang ada di dekat area tersebut dan langganannya saja
Oleh karena itu, dalam kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan sedikit edukasi dan motivasi kepada pelaku usaha untuk selalu memberikan promo menarik dan meng- ekspost nya pada media sosial yang saat ini sangat trend di dunia teknologi. Pada acara tersebut tidak hanya materi terkait pentingnya media sosial bagi bisnis saja yang di sampaikan , namun juga ada beberapa informasi mengenai pentingnya penggunaan kalimat atau kata - kata menarik yang bisa digunakan untuk promosi ke media sosial , misal “ Promo jumat berkah, beli 1 paket ayam geprek free es teh manis, semanis kamuu “
Selain itu, pada PKM ini juga diberikan gambaran iklan di media sosial yang saat ini sedang hits seperti dalam aplikasi Tiktok, Instagram,Facebook dan masih banyak lagi tentunya untuk menarik pelanggan baru
Berikut beberapa contoh design promosi dan copywriting kekinian yang dibuat sebagai referensi para pelaku bisnis UMKM dilokasi tersebut
Selain design diatas , kami juga memberikan beberapa contoh terkait video pendek menarik yang di posting dalam aplikasi tiktok yang beberapa waktu terakhir ini penggunanya meningkat sangat drastis dan dimanfaatkan oleh beberapa pebisnis juga
Tambahan materi yang kami berikan juga ialah pemanfaat aplikasi whatsapp business dimana dalam whatsapp business ini penggunanya dapat merespon pesan secara otomatis juga mengirimkan iklan secara bersamaan kepada pelanggannya
Setelah adanya acara PKM ini diharapkan para pelaku usaha UMKM dapat meningkatkan penjualannya dengan bantuan promosi di media sosial apapun dan dapat bersaing dengan pelaku bisnis yang lainnya
Thanks :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H