Mohon tunggu...
Irman Laia
Irman Laia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Negeri Surabaya

Nama saya Irman Laia, asal Sumatea Utara, Kabupaten Nias Selatan.Saya mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Prodi S1Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,, Angkatan 2023.Hobbi saya, menulis, membuat content, olahraga dan berpidato.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuliah Sambil Kerja Emang Bisa?

8 Juli 2024   12:13 Diperbarui: 8 Juli 2024   12:28 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

         Perekonomian Indonesia semakin lemah, ditandai dengan jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat.Harga produk dasar masyarakat semakin rendah , sehingga banyak masyarakat kelas bawah yang menderita.Ekonomi sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia mulai dari kebutuhan, pendidikan, gaya hidup dan sebagainya.

Generasi bangsa Indonesia bercita-cita menjadi generasi yang unggul, berkarakter dengan berproses dalam pendidikan.Semua masyarakat dalam menyekolahkan anaknya hingga sekolah menengah ke atas tapi tidak dengan kejenjang yang lebih tinggi.Orangtua selalu berusaha supaya anaknya setara dengan orang lain, bisa meraih kesuksesan.

               Kerja sambil kuliah adalah solusi pilihan terbaik bagi seorang anak jika ingin kuliah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Mungkinkah seorang anak dari desa bisa kuliah sambil kerja di kota besar? pengalaman tidak ada, kemampuaan berbahasa sangat kurang, interaksi dengan masyarakat juga kurang inilah yang ada dibenak saudara, dan orang lain ketika merantau.

Namun bagi seorang anak yang niat berjuang tidak ada kata menyerah terus memperjuangkan impian yang harus dicapai.Kerja sambil kuliah tidak menyenangkan, tugas kuliah sudah banyak, jadwal perkuliahan berubah-ubah, ikut organisasi , dan kegiatan lain dikampus.

Kondisi ini yang dipertimbangkan oleh orang tua ketika anaknya kuliah, tetapi motivasi seorang anak tidak lain doa dan dukungan keluarga. Kuliah sambil kerja akan menjadi pengalaman bagi seorang mahasiswa.Mencari kerja Partime abahkan menjadi seorang pembantu tidak mudah bagi seorang mahasiswa,demi cita-cita semua dilakukan.

Pagi hari kerja, kuliah, menyelesaikan tugas hingga malam hari waktu istirahat pun hanya beberapa jam saja , makan tidak teratur, waktu untuk bersama teman-teman tidak ada.Inilah perjuangan yang tidak sia-sia mewujudkan mimpi.

                    Saya Irman Laia, asal Nias Utara.Saat ini telah menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya.Karena saya berasal dari keluarga tidak mampu dan orangtua saya masih banyak tanggungan maka terpaksa saya kuliah sambil kerja.Setiap 1 semester saya membayar UKT sebesar 1Jt karena saya tidak mendapatkan biaya siswa.Saya beruntung bisa bekerja disuatu tempat, sekalipun sebagai pembantu namun saya tetap bersykur masih bisa makan dan dapat gaji setiap bulan.Waktu terus berjalan perkuliahan berjalan , bagi saya kuliah dan kerja setara.Maka saya harus membagi wkatu agar kuliah saya tidak terbengkalai dan kerja saya tetap maksimal dari pagi hari hingga malam.Dalam perkuliahan selama 2 semester saya termasuk mahasiswa aktif dan IPK tinggi sekalipun saya harus kerja sambil kuliah. Karna kenapa? semua karena motivasi untuk maju.Ikut organisasi dikampus , kegiatan, lomba dan vollunter semua saya jalani untuk memperoleh pengalaman diperantuan.

Pelatihan Legislatif/dokpri
Pelatihan Legislatif/dokpri

               Nasib bisa berubah jika kita punya usaha dan terus berjuang, bertekun dalam doa dan memohon dukungan dari keluarga.Kuliah sambil kerja sudah saya jalani lebih dari 1 tahun, semua indah dan akan baik-baik saja sekalipun lelah, nahan lapar, dan hampir mau menyerah tetapi semua atas rencana Tuhan akan berjalan sesuai kehendak Tuhan.Semangat anak rantau, terus berjuang dan jangan mudah menyerah dengan keadaan karena kesuksesan datang kepada mereka yang tidak mudah menyerah.

SEMANGAT ANAK RANTAU

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun