MANAGEMEN STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Manajemen dibutuhkan dalam semua hal. Inti manajemen berkisar pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring akan membuat program pendidikan anak usia dini berjalan dengan lancar
Disinilah pentingnya manajemen professional agar PAUD berhasil secara maksimal
Kelembagaan
Suatu lembaga pendidikan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien diperlukan adanya penataan, pengaturan, pengelolaan, dan kegiatan lain yang sejenis. Langkah-langkah tersebut harus dikonsepkan secara sistematis.
Komponen Kelembagaan
- Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Pengelolaan Peserta Didik
- Manajemen Sarana dan Prasarana
- Manajemen Keuangan
Tahapan Mengajar Anak Usia Dini
•Usia 0-3 tahun = Anak dapat mengikuti kegiatan di sekolah taman bermain
•Usia 5 tahun = Anak diberikan kegiatan yang bisa memberi kesempatan untuk mengobservasi sesuatu
•Usia 6-12 tahun = Memperbanyak untuk melatih kemampuan anank untuk bercerita
Metode Pengajaran
•Metode Global (Ganze Method)
Anak belajar membuat suatu kesimpulan dengan kalimatnya sendiri
•Metode Percobaan (Experimental method)
Metode pengajaran ini mendorong dan memberi kesempatan anak melakukan percobaan sendiri
•Metode Learning by doing
•Pembelajaran Bilingual
Metodologi Glenn Doman
Metodologi Glenn Doman, yaitu mengajarkan anak bayi kita untuk membaca. Gleen Doman menggunakan metode ini kepada anak yang mengalami cedera otak, sehingga menjadikan anak tersebut lebih terlambat dari nak-anak yang seusianya, baik dalam hal bicara, membaca ataupun menganalisis. Metode Glenn Doman mengajar anak belajar dalam suasana yang sangat nyaman. Seolah-olah si anak diajak bukan belajar, tetapi bermain dengan riang. Suasana inilah yang menimbulkan keingintahuan anak meningkat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh kasih orangtua terhadap anak
Kurikulum
•Kurikulum pada pendidikan anak usia dini didisain berdasarkan tingkat perkembangan anak.
•Materi maupun metodologi pendidikan yang dipakai dalam rangka pendidikan anak usia dini harus benar-benar memperhatikan tingkat perkembangan mereka.
•Kompetensi akademis merupakan alat untuk mencapai tujuan, dan manipulasi diihat sebagai materi yang berguna untuk mengembangkan diri anak
Keterampilan
•Keterampilan yang seharusnya dikuassai anak-anak paud adalah keterampilan melukis, menggambar, memainkan permainan edukatif, mengenali kemampuan terbesarnya dengan latihan intensif.
•Dalam konteks ini guru berperan aktif mengembangkan keterampilan anak didik secara maksimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H