Mohon tunggu...
KELOMPOK117_DESA PONDOK DALEM
KELOMPOK117_DESA PONDOK DALEM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kami merupakan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertugas di Desa Pondok Dalem, Semboro, Jember, Jawa Timur. Kami bermaksud untuk memperkenalkan kegiatan serta Desa Pondok Dalem melalui Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gebrak Pasar Tapai Lokal Pondokdalem ke Luar Kota, KKN Kolaboratif Universitas Jember Terapkan Branding Logo bagi Pelaku UMKM

23 Agustus 2022   23:18 Diperbarui: 23 Agustus 2022   23:23 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses peragian tapai [Dok.Pribadi]

Dalam dunia bisnis, branding menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting sebagai salah satu strategi marketing di era globalisasi. Branding sangat diperlukan karena dapat membantu produk yang ditawarkan menjadi lebih dikenali oleh konsumen dan meningkatkan nilai produk, sehingga konsumen percaya terhadap produk kita. Kepercayaan konsumen adalah hal penting dalam pemasaran suatu produk. Branding juga dapat menjadi sarana promosi untuk menonjolkan keumggulan dari produk yang ditawarkan dengan produk pesaing.


Proses peragian tapai [Dok.Pribadi]
Proses peragian tapai [Dok.Pribadi]

Desa Pondokdalem merupakan salah satu desa di Kecamatan Semboro, Jember, Jawa Timur. Desa Pondokdalem memiliki beberapa potensi desa yang dapat dikembangkan, salah satunya produk makanan yaitu Tapai. Produk tapai di Desa Pondokdalem masih dipasarkan dengan menggunakan plastik tanpa logo dan kemasan yang baik.

Penyerahan label produk [Dok. Pribadi]
Penyerahan label produk [Dok. Pribadi]

Berdasarkan permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Kolaboratif Universitas Jember kelompok 117 terjun langsung ke UMKM tapai yang ada di Pondokdalem untuk melakukan branding produk tapai dengan membuat desain logo pada kemasan besek. Salah satu cara dalam membangun brand adalah dengan menciptakan logo yang baik. Karena logo merupakan sebuah representasi visual yang akan membuat produk tapai menjadi lebih unik dan menarik dibandingkan produk pesaing. Dalam bidang pemasaran, logo berfungsi untuk memperkuat iklan dalam pengenalan identitas produk kepada masyarakat.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun