Ekonomi Kreatif di Kota Malang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai penyokong perekonomian masyarakat. Sektor kuliner salah satunya sektor ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi cukup tinggi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. Namun sebagian besar pelaku usaha di Kota Malang menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan keterbatasan pada akses pasar serta rendahnya pemahaman dalam mengelola bisnis.
Dr. Siti Aisjah menyampaikan "kegiatan pengabdian masyarakat fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya menangkap permasalahan yang dialami kelompok masyarakat produktif tersebut sebagai masalah yang harus segera ditangani, Kegiatan pelatihan pemasaran dan penguatan manajerial bisnis untuk memperkuat kompetensi dan daya saing UMKM di tengah lingkungan bisnis yang semakin kompetitif."
Sebagai anggota pengabdian M. Erfan Arif menambahkan "Dalam pelatihan ini, pemilik UMKM mendapatkan kesempatan untuk mendalami pengetahuan tentang konsep-konsep pemasaran yang efektif, strategi-strategi terbaru, dan praktik-praktik manajemen bisnis terbaik yang dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari mereka. Hal ini telah membantu mereka meningkatkan efisiensi, mengidentifikasi peluang bisnis baru, dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi."
Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2023 juga memberikan penekanan pada penggunaan teknologi dan digitalisasi dalam dunia bisnis modern. Pemilik UMKM diberikan wawasan tentang cara mengadopsi alat-alat digital yang relevan untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai lebih banyak pelanggan secara efisien. Aspek lainnya yang tak kalah penting dari pelatihan ini adalah peluang untuk membangun jaringan yang berharga. Para peserta dapat berinteraksi dengan sesama pemilik UMKM, berbagi pengalaman, dan bertukar ide inovatif. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka, tetapi juga membantu dalam mengidentifikasi peluang kolaborasi yang berpotensi.Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan pemasaran dan penguatan manajerial bisnis untuk UMKM bukan hanya merupakan langkah awal, tetapi juga komitmen jangka panjang untuk pengembangan berkelanjutan dalam pemasaran dan manajemen bisnis. Dengan demikian, harapannya adalah bahwa ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi kota ini dan memberikan dorongan tambahan bagi para pelaku UMKM untuk meraih kesuksesan lebih besar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H