Mohon tunggu...
Ircham Arifudin
Ircham Arifudin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kompasianer Brebes Club (KBC-53): penulis receh sekaligus penikmat kopi tanpa gula

menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Tren Fasilitas Delivery di Tengah Pandemi Covid-19

18 April 2020   09:55 Diperbarui: 18 April 2020   09:55 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


"Pembelian minimal 5 pcs, barang diantar ke rumah."

"Kami antar barang sampai rumah, GRATIS."

"Free ongkir untuk wilayah Kecamatan Jatibarang."

Di atas adalah contoh beberapa sektor usaha yang memberikan fasilitas delivery/mengantar barang sampai alamat yang dikehendaki konsumen. Memang fasilitas tersebut bukanlah hal yang baru dalam dunia usaha, namun akhir-akhir ini fasilitas delivery menjadi tren tersendiri di masyarakat kita, apapun barang yang bisa dijual, dari mulai kebutuhan pokok sampai yang sifatnya pelengkap. Bukan karena jasa antar yang ditawarkan penjual, tapi konsumen banyak juga yang menghendaki barangnya diantar sampai rumah di tengah suasana pandemi covid-19 (saat ini).

Dengan memanfaatkan teknologi sosmed, penjual mempromosikan barang melalui update status medsos mereka, ada yang melalui status whatsapp, facebook, instagram, dan medsos lainnya. Sasarannya jelas, orang-orang yang terhubung dengan akun medsos penjual, bahkan lebih banyak orang-orang terdekat (wilayah lokal).

Fasilitas delivery ini berdampak pada meningkatnya gairah perekonomian berskala lokal, banyak transaksi jual beli memanfaatkan fasilitas ini, sehingga sangat berpotensi meningkatkan daya jual UMKM lokal maupun produk rumahan (home made), bahkan (ada) sebagian penjual yang tidak lagi membutuhkan tempat usaha tersendiri seperti counter, kios, lapak di pasar atau pinggir jalan, mereka hanya membutuhkan space untuk memfoto barang yang dijual dengan kualitas foto terbaik, dan itu bisa dilakukan di dalam rumah. Contoh saja, sektor usaha makanan: dari mulai aneka olahan makanan sampai aneka cemilan. Atau sektor usaha temporer yang (saat ini) sedang banyak dicari orang, seperti masker dan hand sanitizer. Maka, kondisi pandemi covid-19 pun membawa berkah tersendiri bagi para penjual yang memberikan fasilitas delivery/mengantar barang sampai alamat tujuan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun