Mohon tunggu...
M. Irham Jauhari
M. Irham Jauhari Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Pendiri Terapifobia.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menulis Apa yang Ingin Dibaca

6 Mei 2023   04:44 Diperbarui: 6 Mei 2023   05:38 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh Artem Podrez (pexels.com).

Pertanyaan menohok ini dilontarkan sahabat saya,
"Apa tujuan kamu dalam menulis di blog?"
Yap, tentu saja Google Adsense.
"Yakin?"

Saya terdiam, melirik muka-nya. Terlihat jelas dia mencoba menggembosi semangat saya.

"Yakinlah," begitu jawab saya, memantap-mantapkan jawaban.
"Tidak mudah!"

Saya mengangguk. Sembari melempar tatapan mata sedikit sombong.

***

Obrolan interview singkat dengan sahabat saya, sudah seperti meeting dengan klien. Sudah seperti pitching tender.  Saya jadi berpikir keras. Menggali lebih dalam. Apa yang sebenarnya saya inginkan dalam blogging.

Semakin dalam saya menyelami. Semakin mudah bagi saya untuk menemukan. Apa yang sebenarnya saya cari dengan blogging? Oalah, ternyata memang uang. 

Memang Google Adsense-lah yang saya Google Adsense sungguh menggiurkan. Google Adsense sangat menggoda. Ke-lihatan-nya.

Pertanyaannya, apakah mungkin? Apakah niat ini sudah benar. Apakah saya telah membulatkan tekad pada hal yang tepat.

Pertanyaan demi pertanyaan melesat dalam pikiran. Membaca banyak referensi blogger senior. Google Adsense itu sungguh-sungguh tidak seperti ap yang saya bayangkan.

Bukan cuma soal blog, pengunjung, konten berkualitas, rajin posting dan tema yang bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun