Dalam sejarahnya kaum muslimin pernah memegang tonggak kekuasaan dunia dan memegang peran besar dalam peradaban manusia. Namun hal itu berubah 180 derajat setelah runtuhnya kerajaan Turki Utsmani, diawali dengan penghapusan sistem khilafah oleh Kemal Attaurk tahun 1994 kemudian hal tersebut menjadi puncak lunturnya pengaruh politik islam. Selain itu juga efek domino dari runtuhnya kerajaan utsmani  pada waktu itu menyebabkan dunia islam tercabik- cabik oleh kolonialisme barat yang ingin kembali menebarkan pengaruhnya.
Dengan mulai pudarnya pengaruh islam dengan diubahnya sistem khilafah tentunya bukan tidak disadari tetapi sebelum hal itu terjadi, telah bermunculan para pemikiran individual yang ingin menjaga kemurnian dan menegakkan sistem khilafah. Maka Abu A’la Maududi dengan Jemaat Islamiyah dan Asy-Syahid Hasan Al-banna dengan Ikhwanul Musliminnya.Â
Kedua pemuda ini meletakkan dasar-dasar struktur gerakan kebangkitan Islam. Abu A’la Al-Maududi lebih terfokus pada figurisme, sehingga gerakan ini hanya berada di anak benua India-Pakistan, sedangkan Hasan Al-banna lebih terfokus pada pengkaderan sehingga Al-Ikhwan tidak berkurang wibawa walaupun Banna meninggalkannya.
Pada Maret 1928, Banna mendirikan Ikhwanul Muslimin, dengan tujuan mempromosikan islam sejati dan meluncurkan perlawanan dominasi asing. Selam empat tahun berikutnya, Banna membuka cabang di kota-kota Zona Kanal lainnya dan di Delta Mesir. Ketika mentri pendidikan memindahkan ke Kairo pada tahun 1932, Ikhwanul Muslimin siap menjadi gerakan nasional.Â
Bersama Banna pusat Ikhwanul Muslimin pindah ke Kairo dan dari sini menyebar keseluruh Mesir. Organisasi ini bertambah besar dan mengembangkan struktur administrasi yang memungkinkan Banna memegang kuat. Selam sepuluh tahun berikutnya, Ikhwan menerbitkan persnya sendiri.
Awal mula Hasan Al banna mendirikan sebuah gerakan untuk membangun kembali pondasi yang telah hancur akibat runtuhnya kerajaan Turki Utsmani. Pada bulan Zul’qaidah 1928 ia didatangi oleh enam orang yang tertarik pada kepribadian dan kesan pada pola-pola dakwahnya.Â
Mereka adalah Abdul Hamid yang berprofesi sebagai tukang kayu, Ahad Al-Husary yang berprofesi sebagai tukang cukur, Fuad Ibrahim berprofesi sebagai tukang setrika, Ismail lzz yang berprofesi sebagai tukang kebun, Zaki Al-Magribi yang berprofesi sebagai penyewa dan montir sepeda serta Abdurrahman Hasbullah yang berprofesi sebagai sopir.Â
Mereka menyatakan kepada Banna tentang ketertarikan mereka dan mereka bermaksud menyambungkan diri serta menawarkan sebagian kekayaan mereka untuk kepentingan tersebut dengan segala senang hati, Banna menyambut mereka kemudian mengusulkan nama Ikhwanul Muslimin. Alasannya karena tujuan mereka bersatu dalam sebuah persaudaraan semata-mata untuk mengabdi kepada Islam.
Ikhwanul Muslimin memulai dakwah dari sebuah kota yang bernama Ismailiah, Mesir. Perkembangan gerakan ini sangat pesat sekali dan juga menyebar ke daerah-daerah disekitar Ismailiah. Hanya dengan beberapa tahun Ikhwanul Muslimin bisa merebut hati banyak orang. Perkembangan yang sangat pesat ini terjadi karena Ikhwanul Muslimin secara langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. Melalu kegiatan sekolah dan juga di masjid-masjid di kota Ismailiah dan sekitarnya. Gerakan ini semakin lama akhirnya menyebar dengan pesat keseluruh dunia.
Sebagai sebuah gerakan yang mampu mencuri perhatian masyarakat muslim secara global tentu Ikhwanul Muslimin memiliki jejak-jejak pemikiran yang tertanam dalam memori pengikutnya.Â
Meski telah memasuki paruh abad ke-21 yang jika kita hitung secara periodisasi sejarah berarti 93 tahun Ikhwanul Muslimin eksis, dia tetap memiliki tempat di hati masyarakat yang cinta dan kagum pada sosok dan pemikiran Hassan Al-Banna.Â