Mohon tunggu...
Irgi M. Aqil
Irgi M. Aqil Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo Semarang

psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penurunan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Audio Visual Secara Daring

15 Juni 2023   04:52 Diperbarui: 15 Juni 2023   05:22 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Motivasi mahasiswa dalam pembelajaran sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Namun, saat ini banyak mahasiswa yang mengalami rendahnya motivasi untuk belajar, terutama di era pandemi ini yang memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa adalah dengan mengimplementasikan metode pembelajaran audio visual secara daring.

Metode Pembelajaran Audio Visual

Metode pembelajaran audio visual merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara media suara dan visual dalam rangka memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Teknologi audio visual seperti video, podcast, atau presentasi PowerPoint dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan visual dan verbal mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah.

Dalam pembelajaran daring, metode audio visual dapat diaplikasikan dengan menggunakan platform pembelajaran online seperti Zoom atau Google Classrom, di mana guru dapat menyediakan presentasi atau video pembelajaran yang relevan dengan materi yang diajarkan.

Rendahnya Motivasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

Tentu saja, tidak semua mahasiswa merespon metode pembelajaran audio visual secara positif. Ada beberapa alasan yang menjadikan mahasiswa kurang termotivasi dalam pembelajaran daring:

  • Kurangnya interaksi sosial dengan teman sekelas dan guru
  • Keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh mahasiswa
  • Kelelahan mata dan terganggunya kesehatan mental mahasiswa karena terlalu lama menatap layar

Meningkatkan Motivasi Mahasiswa dengan Metode Audio Visual

Meskipun terdapat beberapa kendala, namun metode pembelajaran audio visual tetap dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi mahasiswa:

  • Membuat presentasi atau video pembelajaran yang menarik
  • Mengadakan diskusi atau tanya jawab setelah presentasi atau video pembelajaran selesai diputar
  • Menggunakan teknologi yang mudah dipahami oleh mahasiswa
  • Memberikan tugas atau proyek yang menarik dan relevan dengan materi pembelajaran
  • Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan seluruh kelas secara daring

Dengan menerapkan metode pembelajaran audio visual secara daring, guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Hal ini dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Selain itu, guru juga dapat memberikan motivasi tambahan dengan memberikan pujian atau penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan tugas atau proyek dengan baik. Semua hal tersebut dapat membantu mahasiswa merasa lebih termotivasi dan bersemangat dalam pemNamun, selain mengimplementasikan metode pembelajaran audio visual secara daring, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Memberikan Pemahaman yang Jelas tentang Tujuan Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun