Judul: Masyarakat Konsumsi
Penulis: Jean P. Baudrillard
Pengantar :George Ritzer
Penerbit: Kreasi Wacana
Tahun: 2011
Tebal: xiix+284 halaman
ISBN: 979-3722-01-0
Â
"Era konsumsi merupakan era keberhasilan historis dari semua proses produktifitas yang dipercepat dengan tanda modal, demikian pula era alienasi radikal." Jean Baudrillard dalam Masyarakat Konsumsi (hlm. 239)
Dibulan Ramadhan dengan sejuta diskon dan bonus dihampir seluruh e-commerce membentuk masyarakat jadi lebih konsumtif. Mulai dari membeli takjil sampai pakaian hanya karena mendapat potongan harga bukan karena suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Konsekuensi dari kebiasaan seperti ini adalah meningkatnya sampah atau limbah dalam rumah tangga. Untuk itu, buku hasil dari buah pemikiran seorang filsuf postmodern ini, Jean Baudrillard dengan bukunya yang berjudul Masyarakat Konsumsi sangat relevan untuk dibaca sebagai renungan atas dimensi ruang dan waktu kita saat ini.
Sebelumnya buku ini dalam bahasa Perancis berjudul La Societe de Consumption pada tahun 1970 di Perancis, kemudian pada tahun 2004 diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Wahyunto menjadi Masyarakat Konsumtif. Buku ini mendapatkan pengantar dari seorang teoriawan sosiologi, George Ritzer. Dalam pengantarnya, Ritzer mengatakan bahwa, "strukturalisme merepresentasikan input teoritis paling berpengaruh ke dalam  Le Societe de Consumption. Namun, Baudrillard di sini telah menjadi seorang pascastrukturalis karena dia melengkapi strukturalisme dengan serangkaian ide teoritis lain yang berasal dari, antara lain, Marx, Durkheim, dan Veblen." (hlm. xxiv)