Mohon tunggu...
Irfan Rizki Haas
Irfan Rizki Haas Mohon Tunggu... -

everything's undercontrol :)

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Dari Ke-rock&roll-an Bokap, Gue Belajar...

22 April 2013   15:48 Diperbarui: 24 Juni 2015   14:47 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Percekcokan antara anak laki-laki dan bapaknya adalah hal yang biasa. Begitu juga antara gue dan bokap. kayaknya udah gue ceritain deh, (eh udah belom yak??, anggap aja belom), bokap adalah orang yang sangat menomer satukan pendidikan, apalagi kalo udah bicara tentang jadi jendral, beeeehhhh....dia tegas banget dengan urusan yang satu itu. Karna sifat disiplin yang keras dan tegas itulah yang kadang membuat clash diantara kita. Mulai dari ketidak-setujuan dia saat gue gabung dalam anggota futsal... Padahal dialah orang yang pertama kali beliin gue bola sepak. Tapi malah dia juga orang pertama yang menentang gue untuk itu. Aneh! Alesannya selalu, jadi panglima jendral is number one. Always! kalo gak yaa, jadi petinju, always! Saat itu gue pikir kalo beliau bisa punya idealismenya sendiri, kenapa gue enggak? Gue punya idealisme gue sendiri, dan ketika dua hal itu gak bisa ketemu, yaa lo bisa bayangin sendiri kan akibatnya. Gue sampe harus keluar dari rumah. dan ketemu sama yang namanya the oldschool, mu'allimiin muhammadiyah. pikiran gue dulu tuh... "wah... bokap gue emang mantaffft nih, nyariin tempat oldschool buat gue sekolah...??" dengan itu beliau pikir idealisme kita akan jadi sama kali yak. yaa susah lah, orang beliau maunya gua jadi jendral kalo gak yaa jadi petinju. disini, dimuallimin gue mulai hidup gue., jauh dari orang tua... makan, minum, urusan duit dan jajan ? atur sendiri yaa... "bapak cuma ngasih uang segini perbulan...!,, cukup gag cukup harus cukup!" gue jawab dengan lantang, "oke pak..!!" pake senyum lebar. nemuin temen temen yang beraneka ragam sifatnya.,. beraneka macam mukanya.,. wah, lengkap sudah. itulah muallimin.... gue rasa..,, gag ada sekolah yang lebih mantaf daripada mu'allimin.... sekolah tua yang Rock n' RoLL. Lambat hari, kangen juga gue sama mereka. Dari situ secara gak langsung bokap ngajarin bahwa sebagai manusia kita harus tau mana yang menjadi prioritas (belajar mandiri). Sebagai laki-laki harus kuat. Jangan bermental kerupuk, yang terlihat keras diluar tapi hancur oleh setetes air. Karna nantinya laki-laki punya tanggung jawab yang besar. Harus bisa jadi leader paling gak untuk dirinya sendiri. Begitulah cara bokap mendidik anak-anaknya melalui sikapnya yang tegas, ala militernya. Bukan mengumbar banyak omongan seperti caleg-caleg pada kadernya padahal mereka sendiri gak ngerti apa yang mereka bicarain. Dia juga ngajarin gue untuk jadi fighter. "Jangan jadi pengecut kalo lo emang bener, dan jangan jadi pengecut untuk minta maaf kalo lo emang salah" Filosofi itulah yang gue pegang hingga sekarang. Kalo beliau bisa fight dengan kehidupannya, kenapa gue enggak? Gue fight untuk bisa jadi alumni mu'allimin muhammadiyah yogyakarta dengan nilai yang semoga bisa buat bokap tersenyum. (karena selama ini bokap slalu bilang "Lumayanlah...",, yaaa kalo engga "biasa ajah sih..".) jadi bingung gue..,, mesti gimana biar bokap bilang "...bagus sekali nak" "...keren sekali nak.." hahaha. tapi jadi alumni muallimin, Itu adalah bakti gue buat dia. Gue lahir sebagai anak pertama dari 2 bersaudara. Gue boleh dibilang cukup deket dengan bokap. Mungkin karna gue anak laki paling gede di keluarga, atau mungkin bokap udah curiga gue adalah anak yang harus dikasih warning extra karna ada tanda-tanda biang anarki dalam keluarga. Tapi yang jelas hampir semua yang ada di diri gue adalah pengaruh dari bokap. Bokap berkesan dingin, keras, gak banyak ngomong ato basa-basi. disiplin. Militer abis!!! Tapi kadang bokap juga suka becanda, ngeluarin joke-joke yang spontan. Walau kadang dengan muka lempeng gue harus menerka-nerka, berusaha keras menemukan dimana letak lucunya yaaa? Bokap juga tau kapan waktunya dia harus serius kapan waktunya bercanda. Mungkin itu yang ngebuat anak-anaknya segan dan menjadikannya sosok bokap yang luar biasa dalam keluarga. Selama ini, beliau lebih memposisikan dirinya sebagai seorang sahabat untuk berbagi. Tanpa bermaksud kurang ajar, gak jarang kita ngobrol dengan bahasa lo gue sama dia. Bokap yang pertama ngenalin mobil sama gue. Mulai dari mobil-mobilan sampe mobil beneran. Bahkan ketika pertama kali gue belajar nyetir mobil, dialah yang orang pertama ada disamping gue. Meskipun pulang dengan spion kanan harus copot karna nyangkut di tiang. Bokap juga suka travelling naek mobil ngajak nyokap dan anak-anaknya. Mungkin karna dulunya dia seorang bocah petualang dari kampung gunung yang jauh di ngawi sana. Kita pernah travelling ngelilingin pulau Jawa dengan modal sebuah peta. Dan kita juga sering nyasar entah kemana karna dia pake peta yang gak jelas dibuat tahun berapa. "Rock n roll ajalah" katanya. Di sepanjang perjalanan bokap selalu menguasai tape mobil dengan memasang band-band idolanya seperti The Beatles, Rolling Stones, sampai Koes Ploes, dan murotal 3 syaikh. tapi lagu kesukaan bokap adalah kemesraan ini, yang akhirnya nempel juga di otak gue. Di rumahpun dia suka masang musik itu keras-pelan keras-pelan sambil ngajak nyokap gue dance ala elvis didepan anak-anaknya. Biasanya kita cuma bisa senyum terpaksa karna malu sendiri ngeliatnya. Tapi yang paling parah kalo dia udah suka satu lagu, dia bisa ngerekam lagu itu ke satu kaset kosong side A dan side B dengan 1 lagu itu. Bayangin, cuma 1 lagu dalam 1 kaset full, oh tidaaaaaak!! Eeeddddaaaaan....!! Secara gak langsung bokaplah yang ngenalin gue musik. Dia ngebeliin gue alat musik, dan beliau juga yang nyuruh gue buat belajar otodidak, yaaa meskipun maen piano itu juga gue diajarin sama nyokap. Begitu juga film. Dia sering ngajak gue ke bioskop nonton film yang lumayan populer waktu itu laskar pelangi, sang pencerah, kungfu, koboi, dan detektif. Kadang dengan hape kesayangannya dia suka ngerekam. Nyokap dan anak-anaknya dijadiin sebagai aktor dan aktris untuk film buatannya yang lalu diisi back sound musik dari band idolanya. Hasilnya, not bad sih. Walaupun saat itu gue ngerasa aneh aja ngeliat mahluk mirip gue ada di tv. Tapi dibalik semua itu, bokap adalah bapak yang hebat. Sehebat perjuangannya. tiap kali ada kesempatan kita berdua buat ketemu, (entah disolo pas mas puput nikahan, atau pas liburan idul fitri kita mudik ke bali, atau solo. dll) beliau pasti cerita tentang kisah hidupnya, yang penuh perjuangan. dari orang kampung yang gag punya apa apa, sampe bisa punya rumah di jakarta. entah ceritanya di motor, di mesjid, dimana ajah beliau dapat menceritakannya ke gue, dia cerita. itu perjuangan hidup bokap, yang semua gak mudah. Semua gak instan. Semua dari nol. Semua penuh perjuangan. Seperti kata bokap gue, "untuk ngerasain kesuksesan yang sejati, lo harus fight lakuin semua itu dari nol..." juga hingga nanti misalnya gue harus kembali ke titik nol, gue udah tau cara untuk kembali fight ngerebut apa yang hilang. irfan rizki Haas memang bukan NurYanto Haas. Kita 2 orang laki-laki dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita punya dunia kita masing-masing dan jalan hidup kita masing-masing. Buat gue, bokap gue adalah my hero. Terima kasih ,telah Engkau ciptakan seorang bapak sehebat Nuryanto haas. Yang dengan kekuasaanmu juga dia bisa menciptakan Lapker bagi orLa yang dengannya itu bisa membiayai seorang anak badung bernama Irfan Rizki Haas sehingga dia bisa hampir menyelesaikan sekolahnya di madrasah mu'allimin muhammadiyah jogjakarta. my Hero.., my Superstar…, my lovely Daddy…, where ever you are… -    irfanrizkihaas

1366620123745498925
1366620123745498925
13666201621177138657
13666201621177138657
13666202262075637847
13666202262075637847
1366620261496629483
1366620261496629483
1366620187703709905
1366620187703709905
13666202841046790731
13666202841046790731

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun