Mohon tunggu...
Muhammad Irfan Muammar
Muhammad Irfan Muammar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang suka isu-isu terkini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Heboh! Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pembimbingan UMKM Branding dan Marketing kepada UMKM Keripik Tempe di Desa Sindukarto

9 Februari 2023   19:03 Diperbarui: 9 Februari 2023   19:17 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonogiri (15/01/2022) Desa Sindukarto merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Eromoko, Kabupaten, Kabupaten Wonogiri. Desa Sindukarto mempunyai potensi strategis yang dapat menjadi sarana penunjang pendirian UMKM, jarak yang dekat dengan dua pasar serta aksesibiltas yang cukup mudah. Namun meskipun sudah ada UMKM yang berdiri, UMKM di desa Sindukarto memiliki masalah terkait keterbatasan praktik dan pengetahuan terkait branding, dan marketing. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip melakukan pembimbingan serta pelatihan branding, dan marketing. kepada salah satu UMKM kebanggan Desa Sindukarto yaitu UMKM keripik tempe.

                     Program pembimbingan ini dilakukan dengan metode Forum Group Discussion, dimana pelaku UMKM keripik tempe dan mahasiswa KKN Undip berkumpul di satu tempat yang sama yaitu di lapak Pasar Kulier Sindukarto yang biasa dikenal dengan sebutan Parkusi. Pembimbingan diawali dengan edukasi branding yang menarik sehingga bisa memaksimalkan penjualan serta menonjolkan ciri khas dari produk tersebut. Selanjutnya pelaku UMKM keripik tempe diberikan pengarahan terkait marketing agar pasar penjualan bisa lebih luas dan dapat dikenal dan dijangkau oleh konsumen yang lebih luas.

                     Program pembimbingan ini mendapatkan antusias yang tinggi dari pelaku UMKM keripik tempe, karena program pembimbingan ini dirasa program yang bisa menjawab kekurangan para pelaku UMKM keripik tempe sebelumnya. Khusus terkait dengan marketing yang mana didalamnya terdapat edukasi terkait digital marketing yang  sejauh ini yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM keripik tempe.

Ditulis oleh: Muhammad Irfan Muammar (FEB/Ilmu Ekonomi)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun