KETERAMPILAN KOMUNIKASIH INTERPERSONAL Â Â
Oleh : Indra Fonatu TurotÂ
Komunikasi adalah aktivitas menyampaikan informasi seperti pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Secara umum, manusia dikenal sebagai individu sekaligus makhluk sosial. Mereka dianggap sebagai individu karena setiap orang memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari orang lain. Â
 Di sisi lain, mereka disebut makhluk sosial karena dalam kehidupannya, individu selalu berinteraksi dengan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu dalam komunikasi. Seseorang yang tidak mampu berkomunikasi dan berinteraksi cenderung terasingkan dari lingkungan sekitarnya. Untuk berhasil dalam berinteraksi dengan lingkungan, individu diharuskan untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat di sekitarnya.Â
Oleh sebab itu Komunikasih interpersonal atau sering dikenal dengan komunikasih antarpribadi adalah hal yang sangat penting karena merupaka komunikasih yang dilakukan secara langsungan atau bertatap  muka, dimana pesan yang disampaikan secara langsungan dan orang yang mendengar bisa menanggapi pembicaraan itu secara langsung juga.Â
Komunikasi interpersonal sebagai komunikasi antar Komunikator dengan komunikan, dianggap sebagai jenis komunikasi yang paling efektif  dalam  hal  upaya  mengubah  sikap,  pendapat,  atau  perilaku seseorang.Komunikasi interpersonal yang berlangsung secara intensif dengan mengutamakan aspek kuantitas dan kualitas yang seimbang, akan menciptakan hubungan interpersonal yang kuat.
Ada beberapa kategori dalam komunikasi antarpribadi yang dapat dipisahkan. Pertama, ada komunikasi verbal, yang mencakup komunikasi lisan serta tulisan, memungkinkan individu untuk mengungkapkan pesan secara langsung dengan kata-kata atau melalui bentuk tulisan yang menggunakan media seperti email dan pesan teks.Â
Kedua, terdapat komunikasi non-verbal, yang meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara, yang berperan untuk memperkaya makna dari pesan yang disampaikan. Selanjutnya, kita juga mengenal komunikasi langsung, di mana interaksi berlangsung secara langsung, memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik segera, dan komunikasi tidak langsung, yang memanfaatkan media seperti telepon atau aplikasi pesan, memberikan keleluasaan dalam proses komunikasi. Setiap jenis komunikasi memiliki manfaat dan situasi yang berbeda untuk digunakan, yang sangat mempengaruhi seberapa efektif interaksi antarindividu.
Dalam komunikasi antarpribadi tentu mempunyai banyak hambatannya maka disini ada strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan komunikasi. Pertama, mendengarkan secara aktif sangatlah krusial dengan memberikan perhatian penuh kepada pembicara, menunjukkan ketertarikan, dan tidak mengganggu, seseorang bisa menciptakan suasana yang membuat orang lain merasa dihargai.Â
Selain itu, penggunaan bahasa tubuh yang positif, seperti mempertahankan tatapan mata dan menunjukkan ekspresi wajah yang bersahabat, juga berperan dalam meningkatkan kenyamanan selama berinteraksi. Menunjukkan rasa empati dengan berusaha memahami perasaan orang lain dapat memperkuat hubungan antar individu. Â Â
Penting untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan akurat, menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta memberikan umpan balik yang membangun yang berfokus pada tindakan, bukan kepribadian. Menghindari anggapan dan bias dengan meminta klarifikasi jika ada yang membingungkan dapat membantu mencegah salah paham.Â