Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan seorang guru dalam proses mengajar dengan tujuan agar pembelajarn dapat berjalan dengan efektif, efesien dan sesuai dengan tujuan. Seorang Guru dapat memilih sebuah metode pembelajaran yang dapat dipahami oleh siswa agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat  mengandung sebuah niali dan pengalaman yang menarik.
Kegiatan belajar mengajar akan lebih menarik dan siswa akan lebih bersemangat apabila seorang guru dapat menggunakan metode menarik dan bervariasi dalam mengajar. Rata- rata anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar  adalah anak-anak yang menyukai sebuah permaianan. Dalalm proses pembelajaranpun sering kali yang  dikeluhkan  oleh seorang guru adalah ketika siswa ramai disaat proses pembelajaran dan dalam metode ini guru bisa menjadikan siwa itu ramai melaikan ramai yang juga dibelakali dengan pengetahuan.Â
Salah satu metode yang menarik dalam  mata pelajaran Seni dan Budaya adalah menggunakan  Metode Demostrasi. Metode Pembelajaran Demostrasi ini bukan hanya metode mengajar, akan tetapi Metode Pembelajaran ini dapat menjadikan siswa berfikir karena dalam  metode pembelajaran ini dimana siswa itu diharuskan untuk melaukan percobaan atau praktik.
Metode Demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau menunjukan kepada siswa suatu proses dalam bentuk tiruan mapaun bentuk yang sebenarnya yang ditunjukkan oleh guru atau sumber belajar.
Keunggulan dari metode demonstrasi adalah kesalahan yang diperoleh siswa lebih kecil, karena mendapatkan langsung dari pengalaman belajarnya lansung. Siswa mendapatkan pengalaman praktis yang dapat membuat inagatan siswa menjadi lebih kaut dan juga keterampilan dalan berbuat, siswa juga dapat membuat kesimpulan dari hasil proses belajarnya.
Selain keunggulan yang dimiliki Metode Demonstrasi juga memiliki kekurangan yaitu siswa terkadang sukar atau kurang paham dengan benda yang dijelaskan oleh guru dan tidak semua benda dapat didemonstrasikan. Salah satu penyebab kurangnya anak tidak dapat memahami yaitu guru yang tidak dapat atau tidak menguasai apa yang didemonstrasikan.
Daftarr Rujukan
Harianto Bhidju ,Roni. 2020.Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Pembelajaran Demonstras. Malang : CV. Multimedia Edukasi
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI