Menurut Sutrisno (2016:172) "Kinerja adalah hasil kerja karyawan dilihat dari aspek kualitas, kuantitas, waktu kerja, dan kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi." dengan adanya kinerja karyawan maka setiap pekerjaan akan lebih mudah dicapai karena adanya kualitas karywan yang baik dan benar.Â
mengelola kualitas kinerja karyawan tidak mudah memberikan peraturan-pertauran terhadap karyawan. Tetapi perusahaan tidak hanya memikirtkan keuntungan bagi perushaan.Â
Perushaan juga harus memikirkan gimana caranya agar kinerja karyawan tetep bersemangat dan tetap bertanggung jawab atas pekerjaannya dan dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih berkualitas dan baik.
Tetapi tidak mudah juga untuk perusahaan karena setiap karyawan memiliki sifat yang berbeda-beda kadang ada yang bersemangat ada pula yang bermalas-malasan bekerja.Namun ada beberapa tips-tips meningkatkan kinerja karyawan:
- membuat saran dan kritik atas pekerjaan masing-masing kinerja karyawan untuk mengevaluasi.
- merencanakan tujuanÂ
- memberikan bonus kepada keryawanÂ
- beradaptasi terhadap karyawan terhadap perusahaanÂ
- memberikan binaan dan pelatihaan  kinerja kepada keryawan
Mempegaruhi kinerja karyawan ada 2 faktor yang dapat mempegaruhi kinerja karyawan antara lain:
- faktor eksternal
- faktor internalÂ
Setiap karyawan ada masing-masing untuk dipertanggung jawab kan apa saja yang akan dilakukan karyawan terhadap kinerja masing-masingÂ
- Otoritas dan tanggung jawab karywanÂ
Dalam perusahan tempat karywan bekerja,maka setiap pekerjaan ada wewenang dalam tanggung jawab masing-masing organisasi dengan mengetahui tugas yang sudah diberikan perusahaan terhadap karyawan tersebut. Dengan adanya tanggung jawab setiap karyawan akan mencapai tujuan masing masing dan saling berkerja keras atas tanggung jawab.
- Displin
displin terhadap pekerjaan maka setiap karyawan akan mengikuti peraturan-peratuan yang sudah ditetapkan perushaan.Dengan adanya displin setiap perjanjian yang dibuat oleh perusahaan akan diikuti oleh semua karyawan mulai dari atasan hingga bawahan.
- InisiatifÂ
inisiatif karyawan merupakan salah satu penilain perushaan yang baik,dengan adanya inisiatif karyawan maka pekerjaan yang tidak disuruh lebih cepat selesai dibandingkan yang bertindak karena disuruh. Tetapi harus dengan porsi masing-masing dan tugas yang sudah diberikan perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H