Mohon tunggu...
IRAWATY
IRAWATY Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Psikologi Mercu Buana NIM 46122120044

Kampus UMB Dosen Pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bisnis Minuman Hangat di Kota Dingin

17 September 2023   00:46 Diperbarui: 17 September 2023   00:52 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Bisnis Minuman Hangat di Kota Dingin"

Menurut data di Food and Agriculture Organization of United Nation (FAO), sekitar 150juta rumah tangga di dunia terlibat dalam produksi susu. Di salah satu negara berkembang, terutama di Indonesia susu diproduksi oleh petani/peternak skala kecil, dan produksi susu ini berkontribusi terhadap penghidupan rumah tangga, ketahanan pangan, dan nutrisi. Susu memberikan keuntungan yang relatif cepat bagi produsen skala kecil dan merupakan sumber pendapatan yang sangat penting.

Di Indonesia ada beberapa provinsi yang menjadi penghasil susu terbesar, menurut Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), 3 provinsi terbesar penghasil susu, ada di pulau Jawa diantaranya: 1) Jawa Timur, 2) Jawa Barat, 3) Jawa Tengah.

Selain itu, Indonesia juga dianugerahi dengan kekayaan alam nabati yang melimpah sehingga kaya akan rempah-rempah salah satunya, Jahe. Tanaman Jahe telah lama dikenal dan tumbuh baik di Indonesia, salah satu rimpang yang terkenal akan khasiatnya.

Dari data penghasil susu, hanya Jawa Timur dan Jawa Tengah yang memanfaatkan peluang dari ketersediaan susu dan jahe yang melimpah dengan banyaknya kedai yang menjual STMJ (susu Telor Madu jahe). Jawa barat, khususnya kota Cianjur jarang sekali ditemui kedai-kedai STMJ padahal Jawa barat di urutan kedua penghasil susu.

Maka dari itu, bisnis STMJ ini berpeluang besar dalam pemenuhan kebutuhan Masyarakat akan minuman yang bukan hanya enak, tapi juga berkhasiat, dan tentunya ringan di kantong.

STP ANALYSIS

SEGMENTING
Penentuan Segmentasi pasar untuk STMJ adalah kalangan laki-laki dewasa untuk Segmen Demografinya, sedangkan untuk Segmentasi Ekonomi, STMJ ini untuk menyasar kalangan menengah kebawah dan menengah

TARGETING
Target pasar merupakan warga sekitar, orang  yang sedang dalam perjalanan, para pekerja, dan orang luar kota/wisatawan.

POSITIONING
Cianjur adalah salah satu kota yang berudara dingin, sehingga minuman hangat cukup diminati di kota ini.

STMJ di kota cianjur pada umumnya menggunakan bahan instan, susu kental manis dan jahe bubuk. Sedangkan, STMJ ini menggunakan susu sapi murni, jahe asli dan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya. Sehingga dengan bahan yang lebih alami dan segar, menjadikan STMJ ini jadi pilihan tepat, lebih berkhasiat dan tentu saja menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun