Keterampilan yang bisa diberikan pada anak-anak PAUD adalah keterampilan melukis, menggambar, memainkan permainan edukatif, menyanyi, menari, mengenali kemampuan terbesarnya dan lain-lain. Keterampilan-keterampilan ini bisa berkembang sesuai dengan perkembangan potensi anak didik yang ada, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam konteks ini, guru berperan aktif mengembangkan ketrampilan anak didik secara maksimal,mempunyai tips-tips dengan bakat dan minatnya. Fasilitas, sarana prasarana dan perangkat yang lain harus disiapkan demi suksesnya pendidikan keterampilan anak usia dini. Dengan sarana prasarana yang memadai anak tertarik untuk mencoba sampai bisa, mengingat watak dasar anak adalah meniru dan melakukan apa saja yang disenanginya. Salah satu keterampilan yang seharusnya dikuasai anak usia dini adalah keterampilan musik yang membangun jiwa, emosi, spiritual dan sosial.
Beberapa psikolog melihat bahwa pengaruh positf musik pada manusia tidak semudah analogi obat atas penyakit tertentu. Dr Alexandra Lemont, pakar psikologi musik dari Universitas Keele di Inggris mengatakan tidak ada bukti yang menyatakan bahwa hanya dengan mendengarkan musik dapat memberikan pengaruh pada kecerdasan maupun emosi anak.
Beberapa fakta menunjukkan bahwa keterlibatan aktif dengan musikal lah yang menyebabkan musik mempunyai pengaruh positif bagi manusia. Aktif di sini tidak hanya bermakna fisikal atau motorik tetapi juga secara mental, emosional dan spiritual. Memberi makna dan nilai musik sebagai suatu hal yang berharga, bermanfaat dan menyenangkan. Musik tidak sekedar dipandang sebagai suatu rangkaian bunyi yang harus dimainkan atau didengarkan namun juga rangkaian bunyi indah yang jika disimak lebih mendalam bisa menyampaikan sesuatu yang berharga kepada seseorang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H