Mohon tunggu...
IQROUL HASANAH
IQROUL HASANAH Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Evaluasi PAUD

20 Juni 2014   06:51 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:02 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Evaluasi adalah susunan dari program yang ada disuatu lembaga, Secara lebih luas evaluasi ditujukan untuk mengetahui sejauh mana suatu program yang dikembangkan pada bidang pendidikan berhasil diterapkan dalam praktik kurikulumnya atau tidak. Sedangkan membandingkan kinerja kurikulum yang kita laksanakan dengan program yang dikembangkan sekolah termasuk di dalamnya membandingkan dengan tuntutan dan aspirasi masyarakat serta harapan dari sekolah yang lebih tinggi.

Untuk mengetahui apakah evaluasi atas program atau kurikulum tersebut dilakukan secara baik, kita dapat melihatnya dengan berpatokan pada:

1.Hasil pekerjaan (pelaporan) evaluasi kurikulum atau program yang dilaksanakan dapat diterima secara baik oleh setiap pihak yang membutuhkan (tanpa syarat). Artinya pelaporan yang dikemukankan tidak mendapatkan komplain yang cukup berarti.

2.Hasil evaluasi kurikulum atau program tersebut menunjukan manfaat yang nyata atau berarti (significan) bagi perkembangan anak dan pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan. Pada dasarnya tugas dan kewenangannya relatif sama, hanya kita perlu memahami perbedaan-perbedaan yang mendasar. Diantara perbedaan yang esensi adalah evaluasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Sesungguhnya evalusi kurikulum merupakan evaluasi dalam penerapak kurikulum berstandar nasional yang dikembangkan atau disusun berdasarkan kekampuan daerah/sekolah, potensi daerah, dengan kekhasan/ciri khas daerah/sekolah. Dengan demikian prinsip-prinsip evaluasi di samping mengacu kepada kriteria nasional juga harus senantiasa disesuaikan dengan daerah masing-masing. Penyesuaian tersebut tentu dengan mempertimbangkan aspek relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, kepraktisan dan efektivitasnya.Evaluasi pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi tidak hanya mengevaluasi hasil belajar peserta didik dan proses pembelajarannya semata, tetapi juga rancangan dan pelaksanaan kurikulum, kemampuan dan kemajuan siswa, saran dan prasarana, serta sumber belajarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun