Para pemuda yang telah mengucapkan sumpah pada tanggal 28 Oktober 1928,
Salam sejahtera bagi kalian semua.
Saya adalah seorang remaja yang hidup di era digital. Saya sangat sering sekali melihat berbagai informasi dan hiburan di media sosial, internet, serta televisi. Saya juga memiliki banyak sekali teman dari berbagai latar belakang juga daerah. Namun, saya merasa kurang mengenal sejarah dan budaya bangsa saya sendiri, negara tempat saya hidup selama ini.
Saya baru saja menonton sebuah video yang menampilkan rekaman asli dari suatu aktifitas yang sangat menggetarkan jiwa saya, yaitu Sumpah Pemuda yang kalian lakukan. Saya terkesima sekaligus terharu oleh aksi nyata kalian. Saya merasa bangga juga sekaligus hormat kepada kalian, yang telah berani mengucapkan sumpah dengan berapi-api untuk bersatu sebagai anak bangsa, demi terwujudnya sebuah bangsa yang berdaulat, bangsa Indonesia, meskipun kalian berasal dari berbagai suku, bahasa, dan agama.
Saya menyadari bahwa tanpa sumpah kalian, mungkin Indonesia tidak akan menjadi negara yang berdaulat juga beragam seperti sekarang. Saya juga menyadari bahwa saya memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan kalian, dengan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa.
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kalian, sebuah ucapan dari lubuh hati saya yang paling dalam karena telah memberikan contoh dan inspirasi bagi saya serta generasi muda Indonesia saat ini. Saya dan pemuda yang lain telah menggantungkan harapan kami kepada kalian, yang dengan gagah berani menjadi pahlawan bagi bangsa ini.
Saya berharap agar kalian selalu dikenang dan juga dihormati oleh seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap agar kalian selalu mendampingi dan memberkati bangsa ini. Saya berharap agar kalian selalu bangga dan senang melihat perkembangan dan kemajuan bangsa ini.
Saya juga ingin menyampaikan harapan saya kepada para generasi muda Indonesia saat ini, yang merupakan penerus dan pewaris bangsa ini. Saya berharap agar mereka tidak melupakan sejarah dan juga budaya mereka sendiri. Saya berharap agar mereka lebih peduli dan juga toleran terhadap sesama warga negara yang berbeda suku, bahasa, dan juga agama. Saya berharap agar mereka lebih aktif dan juga kreatif dalam mengembangkan potensi diri dan bangsa. Saya berharap mereka dapat memanfaatkan media sosial, internet dan perkembangan teknologi untuk sesuatu yang bermanfaat bagi mereka dan negara ini.
Sekali lagi, terima kasih atas sumpah kalian. Semoga sumpah kalian selalu hidup di hati dan pikiran kami semua.
Hormat saya,
Raka