Mohon tunggu...
Iqbal Hafizh
Iqbal Hafizh Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat untuk semua ^_^

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Budaya Daerah selalu Dibawa Kemana-mana

16 Juni 2013   22:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:55 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13713944861236794623

"Saya selalu membawa budaya daerah saya, walaupun saya tinggal tempat lain". itulah ucapan mba hanny saat menjawab pertanyaan saya. telah kita ketahui bahwa budaya itu kebiasaan yang mengandung arti  penting yang diwariskan dari generasi ke generasi. warisan tersebut harus senantiasa kita lestarikan agar generasi berikutnya bisa mempelajarinya. pernahkah anda berfikir, sebenarnya seberapa penting si budaya itu.? ketika saya lontarkan pertanyaan itu kepada mba hanny. jawabnya "ya jelas la. itu penting banget secara jaman sekarang banyak sekali budaya asing datang ke indonesia, tapi masyarakat indonesia itu sendiri malah membudayakannya padahal budaya yang datang itu rata-rata bersifat negatif. seharusnya yang harus dibudayakan itu budaya lokal bukan budaya asing. karena itu sangat penting bagi anak anak kita di masa depan nanti." ketika saya bertanya " jika memang seperti itu apakah mba hanny membudayakan budaya lokal?" jawabnya " ya tentu saja, masa kamu nggk pernah perhatiin saya (sambil ketawa kecil) walaupun saya sadar saya juga hanya sedikit melestarikan budaya lokal saya yaitu budaya jawa. "memang budaya apa yang mba hanny lestarikan..?" jawabnya "saya sadar hanya sedikit melestarikan budaya, saya melestarikan bahasa jawa, juga masakan jawa seperti Gudeg, sate kambing, srabi solo, dan yang paing saya suka nasi liwet hehehe" "kenapa nggk sekalian buka warung makan aja mba..? jawabnya "heheh kamu bisa aja. sekarang saya sedang sibuk kerja untuk kebutuhan keluarga di kampung, juga biaya sekolah dan khursus adik di bidang seni tari tradisional." "jadi intinya menurut mba hanny budaya itu apa si...?" jawaban " budaya itu kebiasaan yang harus senantiasa kita lestarikan agar anak cucu kita nanti dapat mempelajarinya, jangan terkecoh dengan budaya budaya asing yang masuk ke dalam negeri ini. karena disadari atau tidak budaya itu sangat amat penting bagi diri sendiri, orang lain maupun negara. apalagi setelah ada kasus malaysia yang menggugat budaya indonesia sebagai budaya mereka. itu membuat saya kesal dan marah. ini merupakan salah kita sendiri yang semakin kedepan semakin melupakan budaya lokal yang sebenarnya itu adalah ciri khas dari negara indonesia. jadi intinya seperti pepatah cintailah budaya kita seperti mencintai seorang ibu" "seperti saya selalu membawa budaya khas jawa walaupun hanya dalam masakan dan bahasa, dari pada nggk sama sekali. iya kan." mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai pentingnya budaya. jadi untuk kawan semua mari kita selalu lestarikan budaya kita walaupun hanya sedikit ta apa dari pada tidak sama sekali, dari pada melestarikan budaya asing yang datang yang sebenarnya itu membawa dampak yang negatif bagi kita. cayo semangat thanks buat mba hanny

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun