Mohon tunggu...
ipnu eko yulianto
ipnu eko yulianto Mohon Tunggu... -

Semoga aku menjadi pohon yang di tebang kemudian digunakan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Pergeseran untuk Perubahan"

8 November 2011   00:40 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:56 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Hidup ini untuk perubahan, mungkin kalimat tersebut sering sekali kita dengar akhir-akhir ini. Hal tersebut memang benar adanya, dengan seiring berjalannya waktu banyak hal berubah banyak hal yang tergeser, termodifikasi bahkan diganti karena tidak sesuai atau tidak cocok lagi untuk diterapkan pada kondisi saat ini. Tidak ketinggalan dengan teori belajar  juga mengalami pergeseran yang dilakukan  untuk menemukan dan menuju teori yang dianggap paling cocok dan paling baik untuk digunakan.

Kita mulai dari teori behaviorisme, teori ini menganggap bahwa yang membentuk perilaku individu hanyalah pemberian stimulus dan respons-respons sehingga nantinya akan menjadi kebiasaan yang dikuasai individu, tanpa memandang adanya kecerdasan, bakat dan minat yang dikuasai individu. Hal ini digeser oleh teori koneksionisme yang memandang bahwa perubahan perilaku memang terjadi karena adanya hubungan antara stimulus dan respon , namun tidak hanya itu para penganut aliran koneksionis memandang bahwa pemberian reinforcement atau konsep penguatan merupakan hal yang penting sehingga dapat menghasilkan penguatan kebiasaan yang berkesan dan menjadikan kebiasaan sederhana akan menjadi kebiasaan yang kompleks tanpa melupakan kebiasaan yang diperoleh dahulu (tetap terhubung).

Tanpa disadari kedua teori diatas sama sekali tidak memandang kecerdasan dan kemampuan seorang individu. Hal inilah yang membuat teori diatas digeser oleh teori kognitivisme, teori yang memandang bahwa yang membentuk perilaku individu adalah kemampuan kognisinya yakni persepsi, sikap dan keyakinan . dimana pada proses penerimaan dan pengolahan informasi mengoptimalkan aspek kognitif individu mengarah pada peningkatan kualitas intelektual individu secara maksimal, sehingga terjadi proses perubahan sikap dan tingkah laku.

Teori kognitivisme akhirnya tergeser dengan adanya teori konstruktivisme yang berhasil menyempurnakan pandangan teori sebelumnya. Para konstruktivis memandang bahwa yang membentuk dan membangun sikap serta perilaku adalah diri  individu sendiri. Dimana pengetahuan itu diperoleh sedikit demi sedikit dari pengalamannya dan kemudian di konstruksikan yang selanjutnya diinterpretasikan sendiri oleh masing-masing individu sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan.

Pada akhirnya muncul teori yang terbaru dan dianggap paling baik saat ini yaitu teori humnisme, teori yang tidak memandang aspek kognitif individu saja namun lebih melihat manusia dari potensi yang dimilikinya dengan pendekatan yang mengedepankan pentingnya emosi dalam dunia pendidikan. Tujuan belajar teori ini yaitu untuk memanusiakan manusia. Teori ini juga menekankan pada proses kesadaran untuk memahami potensi, perbedaan, kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Sehingga individu dapat berkembang seluas-luasnya sesuai keinginan dan kemampuannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun