Didalam kehidupan semua serba dinamis dan tak pernah ada yang yang monoton, perlahan semua berubah meninggalkan hal lama dan memulai hal baru yang dianggap lebih baik, lebih cocok dan lebih segala-galanya. Hal ini memang benar karena sifat manusia yang tidak pernh puas dan senantiasa memperbaiki dirinya. Sama hal nya dengan pembelajaran yang teus berubah dengan pembaharuan untuk mencari kesempurnaan. Seorang guru yang merupakan ujung tombak bagi pendidikan hendaknya peka terhadap perubahan yang terjadi, saat system atau cara lama tak lagi cocok untuk diterapakan seorang guru harus tanggap dan melakukan pembaharuan yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan saat ini baik itu strategi, metode maupun teknik pembelajaran.
Strategi merupakan suatu suatu rangkaian kegiatan Pembelajaran yang dapat berupa suatu materi maupun prosedur guna mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang optimal, efektif dan efisien. Selanjutnya adalah Metode, yaitu merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan Strategi yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk teknik pembelajaranitu sendiri dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Apabila seorang guru akan melakukan pembaharuan hendaknya memperhatikan dari tujuan pembelajaran, system yang akan digunakan, standar keberhasilan serta kesesuaian dengan kondisi dan situasi pada saat itu. Pembaharuan pada bidang metode pembelajaran dimana dahulu metode yang digunakan masih klassikal dengan ceramah kini mulai digantikan oleh metode yang lebih inovatif seperti inquiry, problem solving dan sebagainya. Sedangakan untuk teknik merupakan kreatifitas pribadi seorang guru lah yang akan menjadikan penyampaian materi dari suatu metode dapat dengan mudah dipahami anak didiknya.
Tujuan dari pembaharuan-pembaharuan dari berbagai komponen dalam pelaksanaan pembelajaran yang terus dilakukan yakni agar menemukan pembelajaran yang tepat dan sesuai, dengan penentuan strategi seorang guru dapan memilih metode yang akan digunakan, setelah itu tinggal kreatifitas masing-masing guru dalam teknik maupun taktik penyampainnya. Biasanya teknik atau gaya seorang guru akan menjadi ciri khas yang tidak sama dengan guru lain.
Dengan adanya suatu pembaharuan dalam pembelajaran baik itu strategi, metode maupun teknik diharapkan terjadi peningkatan kualitas proses belajar dan hasil belajar peserta didik. Dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan jadi guru harus memilah semua kelebihan-kelebihan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H