Mohon tunggu...
INVOKASIX
INVOKASIX Mohon Tunggu... Mahasiswa - Gak Ketinggalan Topix!

Kelompok Praktikum Reportase | Content Media

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tren Peduli Lingkungan oleh Pandawara Group

27 September 2024   11:19 Diperbarui: 27 September 2024   11:21 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Saat ini, media sosial diramaikan oleh para influencer, yaitu orang yang memiliki pengaruh besar terhadap banyak orang. Influencer ini muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, di mana media sosial menjadi platform utama untuk menyebarkan pengaruh kepada banyak orang lewat interaksi yang mereka lakukan.


Pengaruh influncer sangat terasa dalam kehidupan Generasi Z. Setiap hari, Generasi Z sudah terpapar oleh berbagai jenis konten yang dibagikan oleh influencer. Terkadang, kehidupan sehari-hari mereka dipengaruhi oleh para influencer, mulai dari gaya hidup atau cara berpikir terhadap suatu isu. Pengaruh dari influencer sangat kuat, karena ketika mereka memperkenalkan suatu hal yang baru atau menarik, pengikut mereka akan cenderung tertarik untuk mencoba atau mengikuti hal yang sama.


Influencer memiliki peran yang sangat besar dalam menyebarkan suatu hal di era digital saat ini. Banyak orang, khususnya generasi muda atau Generasi Z menjadikan influencer sebagai referensi dalam hal apapun yang ingin mereka ikuti. Pengaruh ini tidak hanya terbatas pada produk fisik, tetapi juga pada pola pikir dan kebiasaan. Misalnya beberapa influencer fokus pada gaya hidup minimalis atau berkelanjutan. Ketika mereka mempromosikan gaya hidup tersebut, pengikutnya merasa termotivasi untuk mengikuti kebiasaan yang sama karena merasa itu adalah hal yang positif dan bermanfaat.


Salah satu contoh nyata pengaruh influencer dalam menyebarkan gaya hidup berkelanjutan adalah Pandawara Group. Pandawara Group adalah sekelompok anak muda yang aktif mempromosikan gaya hidup peduli lingkungan melalui konten mereka di media sosial. Pandawara Group seringkali menjadi perbincangan dan trending topik di sosial media berkat aksi-aksi heroik mereka dalam membersihkan sampah. Mereka sering berbagi aksi membersihkan sungai, pantai, atau tempat-tempat yang dipenuhi sampah, sambil mengajak pengikut mereka untuk peduli terhadap lingkungan. Hasilnya, setidaknya Pandawara Group berhasil membersihkan sebanyak 620 ton sampah di 187 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Pandawara Group tidak hanya sekadar memberikan edukasi, tetapi juga memberikan contoh nyata tentang bagaimana menjaga lingkungan bisa menjadi bagian dari keseharian.


Dengan cara ini, Pandawara Group berhasil menginspirasi banyak orang untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan menjaga kebersihan lingkungan. Melalui konten yang kreatif dan menarik, mereka menunjukkan bahwa aksi kecil seperti membuang sampah pada tempatnya atau berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih bisa membawa dampak besar pada kelestarian alam. Melalui aksi nyata dan kolaborasi dengan komunitas lokal, Pandawara Group berhasil menyebarkan gaya hidup berkelanjutan, yaitu peduli terhadap lingkungan sebagai tren di kalangan generasi muda, bahkan masyarakat. Banyak pengikut mereka yang mulai ikut serta dalam gerakan ini. Pandawara adalah contoh bagaimana influencer sukses dalam mempengaruhi hal yang positif kepada audiensnya, dengan begitu, Pandawara Group berhasil mengubah cara pandang banyak orang terhadap isu lingkungan. Masyarakat merespon hal ini dengan sangat positif, walaupun ada beberapa orang yang kontra terhadap konten yang mereka unggah. Namun, banyak orang, terutama generasi Z, merasa terinspirasi oleh aksi nyata yang dilakukan oleh Pandawara Group.


Melalui media sosial, konten-konten Pandawara Group tentang aksi membersihkan lingkungan berhasil menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap masalah sampah dan lingkungan. Mereka tidak hanya melihatnya sebagai sebuah konten saja, tetapi sebagai sebuah gerakan yang relevan dengan kondisi lingkungan saat ini. Banyak pengikut yang mulai mengikuti jejak mereka dengan berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih lingkungan di kota masing-masing atau setidaknya mulai lebih bijak dalam mengelola sampah. Bahkan, beberapa orang mulai mengubah kebiasaan sehari-harinya untuk lebih peduli terhadap lingkungan.


Kegiatan yang dilakukan Pandawara Group seringkali menjadi viral, sehingga memperluas dampak dari pesan yang mereka bawa. Mereka membawa dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat, terutama dalam hal kesadaran dan perubahan perilaku terhadap lingkungan. Mereka pun berhasil memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarkan pesan. Gerakan berkelanjutan yang disebarkan oleh Pandawara Group telah membantu mengubah cara pandang masyarakat.Pada akhirnya, influencer seperti Pandawara Group memainkan peran penting dalam mempengaruhi dan mengubah cara pandang masyarakat, khususnya Generasi Z, terhadap berbagai isu. Dengan memanfaatkan media sosial, mereka menyebarkan gaya hidup berkelanjutan dan peduli lingkungan melalui konten yang menarik dan aksi nyata. Pengaruh mereka tidak hanya membuat orang tertarik untuk mengikuti tren, tetapi juga mendorong perubahan perilaku yang lebih positif terhadap lingkungan.


Masyarakat, terutama generasi Z, merespons dengan positif dan mulai terlibat aktif dalam gerakan ini, baik dengan berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih maupun mengubah kebiasaan sehari-hari untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Meskipun ada beberapa kontra, dampak positif dari gerakan Pandawara Group dalam meningkatkan kesadaran dan menginspirasi tindakan nyata menunjukkan kekuatan besar dari pengaruh influencer dalam menyebarkan pesan dan mempromosikan perubahan sosial yang penting.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun