Tips Mudah Mengerjakan Ujian Kompetensi Komputer Akuntansi (MYOB)
Banyak anak akuntansi yang justru merasa mata pelajaran komputer akuntansi adalah pelajaran yang paling sulit, padahal justru plajaran ini adalah plajaran yang paling mudah, plajaran yg slalu mengulang-ngulang materi yang sama dengan prusahaan yang berbeda, kunci utama di pelajaran ini adalah memahami bukan menghafal, jika kita paham maka sebanyak apapun data prusahaan yang akan dikerjakan pasti akan balance dan selesai tanpa hambatan.
yok kita intip apa saja urutan yg harus kita pahami ketika sedang mengerjakan laporan keuangan prusahaan di Komputer akuntansi (MYOB) :
1. Membuat Data Prusahaan harus sesuai dengan data prusahaan yang ada di soal, mulai dari nama, alamat, no hp dan yang paling penting adalah tahun perusahaan harus sesuai dengan data prusahaan yang kita buat dan change lalu save sesuai dengan nama kalian agar memudahkan dalam proses pencarian file yang telah di buat.
2. Mengatur Pajak sesuai dengan data prusahaan yang ada di soal, jika pajaknya 11% maka Ratenya juga 11%, jika pajaknya 10% maka Ratenya juga 10%, begitu seterusnya, dan jangan sampai terbalik ketika mengisi linked account for tax collected diisi PPN Outcome / VAT Out, sedangkan linked account for tax paid diisi PPN Income / VAT in.
3. Mengatur Linked Account disini ada linked Account Sales, purcahse, Banking dan kita harus atur sesuai dengan data prushaan
4. mengatur Preferensi atau Termin harus sesuai dengan data prusahaan, ingat disini stiap perusahaan sering kali berbeda-beda dalam memberikan kebijakan akuntansinya, ada yang menggunakan termin 3/10 n/30, termin 2/10 n/30, termin n/30 dan lain-lain sesuai dengan kebijakan akuntansi prusahaan masing-masing.
5. Membuat Data Costomer Dan Supplier bagian ini cukup mudah hanya memasukkan data costomer dan supplier sesuai dengan data prusahaan yang ada di prusahaan yang sedang kita kerjakan.
6. Memasukan Saldo Awal Costomer dan Supplier di bagian ini mulai membutuhkan ketelitian karna sering kali keliru ketika memasukan nama costomer / supplier dan perlu kita ingat juga disini yang kita masukan adalah nominal di bagian Jumlah, bukan nominal di bagian Penjualan ataupun Pembelian.
7. Membuat Daftar Inventory / Persediaan ini cukup hanya memasukan data persediaan sesuai dengan soal lalu ceklis 3 kotak dan di isi Cost of good sold, sales, dan marchandis Inventory.
8. Memasukan Saldo Inventory / Persediaan sesuai dengan soal, disini membutuhkan ketelitian ketika memasukan Quantity dan Price / Harga jangan sampai terbalik ketika ada 2 atau 3 daftar nama barang terkadang urutan nama disoal tidak sama dengan urutan nama di komputer kalian.