1. Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?
Mempelajari pembelajaran sosial dan emosional (PSE) telah memberikan saya pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa sebagai bagian integral dari pendidikan. Saya kini memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang lebih baik dalam mengimplementasikan PSE, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung, serta berkomitmen pada pengembangan holistik siswa. Sebagai pemimpin pembelajaran, saya siap untuk menerapkan pendekatan yang lebih komprehensif dan berfokus pada kesejahteraan siswa secara keseluruhan, dengan tujuan meningkatkan keberhasilan akademik dan kesejahteraan psikologis mereka. Hal ini mengingatkan saya dengan pemikiran KHD yang telah di pelajari sebelumnya bahwa pendidik adalah penuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
2. Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?
Modul 1.1 Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan untuk mencapai kesejahteraan Psikologis (Well-Being). Murid yang mencapai kesejahteraan psikologis diartikan murid yang secara piskologis merasa aman, nyaman dan bahagia. Sejalan dengan filosofis KHD yang mengartikan pendidikan itu untuk menuntun kekuatan kodrat anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Modul 1.2 Nilai dan peran Guru Penggerak
Dalam pembelajaran sosial dan emosional, guru dapat menumbuhkan nilai dan peran pada guru dan murid dalam pengelolaan emosi sehingga nilai kemandirian dan pembelajaran yang berpusat pada murid serta peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran dan mendorong kolaborasi dapat tercapai dan berjalan seimbang.
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Dengan mengimplementasikan PSE disekolah, baik secara eksplisit maupun terintegrasi dengan praktik mengajar, maupun melalui iklim kelas ataupun budaya sekolah yang ada dapat mewujudkan atau mencapai visi sekolah. Sebagaimana diketahui bahwa PSE adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah.
Modul 1.4 Budaya Positif
Dalam pembelajaran sosial dan emosional, guru dan murid dapat mengenali dan memahami emosi masing-masing sehingga mampu mengontrol diri dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, aman, dan nyaman yang berpengaruh dalam penerapan budaya positif.