Mohon tunggu...
Intan Salamina
Intan Salamina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger

Penuh petualangan, bisa baca ceritanya di www.insalamina.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Visa Korea Lama Keluar? Tenang, Masih Ada Harapan

28 Desember 2019   08:30 Diperbarui: 29 Desember 2019   04:44 1412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat antre untuk membuat Visa | Dok. Pribadi

Umumnya dibutuhkan waktu 6 hari kerja untuk proses pengajuan Visa Korea. Dari berbagai forum dan blog di internet mengatakan jika proses pengajuan melebihi waktu yang ditentukan maka kemungkinan besar Visa Korea Anda ditolak.

Tenang, saya akan membagikan pengalaman saya menunggu Visa Korea yang tak kunjung keluar. Rasa panik tentu saja sudah menyerang dari lama, ditambah rasa-rasanya persyaratan visa tidak semuanya memenuhi kriteria.

Sebelum berbagi cerita, saya akan menuliskan dulu syarat dan ketentuan pengajuan aplikasi visa Korea.

Syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan Visa Travel Single Entry adalah sebagai berikut:

  • Pas Foto 3 bulan terakhir ukuran 3.5 cm x 4.5 cm (1 buah).
  • Bukti keuangan (pilih dua): Mutasi rekening 3 bulan terakhir, SPT Tahunan, Slip Gaji 3 bulan terakhir, Laporan Kartu Kredit 3 bulan terakhir.
  • Paspor Asli.
  • Mengisi formulir aplikasi Visa Korea.
  • Surat keterangan kerja/Surat keterangan pelajar/SIUP (Jika Wirausaha).
  • Uang pendaftaran Rp 576.000 dan biaya admin Rp 196.000.
  • Fotocopy visa negara yang terdaftar dalam OECD (Jika punya).

Semua yang disyaratkan di atas saya lampirkan kecuali visa negara lain. Bukti keuangan yang saya gunakan adalah mutasi rekening 3 bulan terakhir dari Bank yang berbeda dari rekening gaji, SPT Tahunan dan Slip Gaji 3 bulan terakhir.

Pada saat saya apply visa Korea, saldo di Bank utama saya tidak mencapai 3 juta rupiah (hehe). Padahal dalam formulir visa, saya menuliskan perkiraan uang yang akan saya perlukan untuk travelling selama di Korea adalah USD 700.

Sungguh jauh berbeda dengan kenyataan saldo akhir saat mengajukan visa.

Sempat khawatir sih, tapi berhubung tidak ada syarat minimal saldo mengendap jadi saya gaskeun saja. Lagipula, kalau mau diusahakan untuk ada saldo sebesar USD 700 pun saya harus mendadak top up saldo. Malah nanti dikira uang pinjaman.

Saya mengajukan visa pada tanggal 6 Desember di korean Visa Center yang terletak di Lt. 5 Lotte Avenue shopping Mall, Jakarta. Setelah mengantre selama 40 menit, akhirnya saya berhasil submit dan diminta menunggu hingga tanggal 16 Desember 2019. 

Pada tanggal 9 Desember, saya mendapat SMS dari K-VISA INFO yang menyatakan bahwa dokumen saya sudah masuk ke Kedubes dalam proses review oleh Kedubes.

Status di website Korean Visa Center pun berubah menjadi under review. Lalu saya menanti dengan damai hinga pada tanggal 16 Desember 2019 saya mengecek kembali status di website dan hasilnya masih under review. Semenjak hari itu saya rajin mengecek di website sehari bisa 2-3 kali sampai sata hafal nomer paspor sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun