Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat berperan penting dalam memajukan perekonomian di Indonesia. UMKM harus terus didukung supaya tetap bisa berjalan sebagai roda penggerak perekonomian negara. Sebagai seorang mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Industri sudah sepatutnya memberikan dampak ke lingkungan sekitar dengan memanfaatkan ilmu yang didapat di perkuliahan khususnya dalam perekonomian Indonesia.
Melalui PMM (Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kewajiban untuk memberikan dampak ke lingkungan sekitar dengan menggunakan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. PMM Mitra Dosen merupakan salah satu program PMM yang dilaksanakan dosen bersama-sama dengan mahasiswa. Dosen dan mahasiswa memilih tempat yang tepat untuk melaksanakan program yang dirancang dengan harapan penerapan ilmu yang dipelajari  mahasiswa dapat membawa manfaat bagi tempat yang dipilih. Dosen pembimbing dari kelompok kami ialah Ibu Shanty Kusuma Dewi, ST, MT dengan anggota kelompok Favian Laverda Atthaya, Viki Kurnia Ramadhan, Intan Permata Sari, Salsabella Maudia Putri, dan Siti Nurhaliza.
Lokasi yang terpilih yakni UD. Sri Rejeki Jaya milik dari Bapak Yoyok yang berlokasi di Gg. II No. 6, RT.07/RW.05, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 sebagai sasaran untuk membantu mengembangkan UMKM tersebut. UD. Sri Rejeki Jaya merupakan produsen olahan umbi-umbian dan buah-buahan menjadi produk keripik Fokus utama kami pada UD. Sri Rejeki Jaya meningkatkan penjualan UD Sri Rejeki Jaya.
Salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha adalah cara pemasarannya. Strategi pemasaran produk merupakan salah satu fokus utama para pebisnis dimanapun, apalagi di era digital seperti saat ini. Sebagian besar para pedagang atau pebisnis berkumpul untuk memasarkan bisnisnya secara online. Meski begitu, metode pemasaran offline tidak serta merta dibuang begitu saja. Pemasaran online adalah metode pemasaran yang dilaksanakan melalui sistem komputer online interaktif yang secara elektronik menghubungkan konsumen dengan penjual. Pemasaran online adalah proses penjualan barang dan jasa secara langsung. Di sana, produsen dan konsumen bertemu langsung di satu tempat untuk melakukan perjanjian jual beli.
Pemasaran yang kami gunakan untuk memasarkan prduk UD. Sri Rejeki Jaya adalah menggabungkan dua metode pemasaran, yakni secara online dan offline yang dilakukan selama 1 minggu. Untuk pemasaran secara daring kami menjual melaui media sosial Instagram dan  WhatsApp, serta platform e-commerce yakni Shopee. Sedangkan untuk pemasaran secara offline, kami memasarkan di event Car Free Day (CFD) jl. Besar Ijen, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.Â
Alasan kami memilih menjual produk di CFD karena tempat tersebut  strategis sebab selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang, orang-orang yang ramai berkunjung tidak hanya berolahaga melainkan berburu makanan atau snack sehingga hal tersebut berpeluang besar dalam penjualan keripik UD. Sri Rejeki Jaya. Selain menjual di CFD, kami juga memasarkan produk ke keluarga, teman, dan kerabat. Dari penjualan yang telah dilakukan, sekitar 25 produk telah terjual dengan omset yang didapat Rp350.000.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H