Pada umumnya perusahaan ataupun organisasi selalu berupaya untuk melaksanakan seluruh rencana-rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.
Keberhasilan perusahaan akan dapat dicapai diantaranya dengan cara meningkatkan efisiensi dan aktivitas sumber daya yang dimiliki.
Pengarahan berarti menentukan bagi bawahan tentang apa yang harus dikerjakan atau tidak boleh dikerjakan. Pengarahan merupakan metode untuk menyalurkan perilaku bawahan dalam akitivitas-aktivitas tertentu dan menghindari aktivitas lain dengan menetapkan peraturan dan standar, kemudian memastikan bahwa peraturan tersebut dipatuhi.
Seberapa pentingnya pengarahan dalam manajemen?
Pengarahan dalam manajemen merupakan salah satu fungsi yang sangat diperlukan karena berfungsi untuk memberikan bimbingan serta arahan kepada anggota lainnya untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing
Pengarahan merupakan fungsi yang sangat penting dalam manajemen,karena merupakan pengupayaan berbagai jenis tindakan itu sendiri,agar semua anggota kelompok mulai dari tingkat teratas sampai tingkat terbawah berupaya agar mencapai sasaran organisasi sesuai dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan semula dengan cara terbaik dan benar.
Berikut ini adalah beberapa elemen pengarahan dalam manajemen yaitu:
-Koordinasi
Koordinasi adalah fungsi yang harus dilakukan oleh seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kepentingan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
-Motivasi
Memberi motivasi kepada karyawan merupakan salah satu elemen penting dalam manajemen perusahaan, dengan memberikan fasilitas yang bagus dan gaji yang cukup maka kinerja para karyawan dalam perusahaanpun akan optimal