Mohon tunggu...
Intan dwiyatni
Intan dwiyatni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar mahasiswa

Intan dwiyatni saya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan jurusan PGSD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran lingkungan dan budaya dalam perkembangan sosial emosional

19 Januari 2025   18:33 Diperbarui: 19 Januari 2025   18:33 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

**Peran Lingkungan dan Budaya dalam Perkembangan Sosial-Emosional**

Perkembangan sosial-emosional merujuk pada kemampuan individu untuk memahami, mengelola perasaan mereka sendiri, serta membangun hubungan yang positif dengan orang lain. Faktor-faktor eksternal, seperti lingkungan dan budaya, memainkan peran penting dalam membentuk cara seseorang berkembang secara sosial dan emosional. Lingkungan dan budaya tidak hanya memengaruhi bagaimana individu merespons perasaan mereka, tetapi juga memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang lain dan menilai nilai-nilai sosial yang berlaku.

**Peran Lingkungan dalam Perkembangan Sosial-Emosional**

Lingkungan, baik itu keluarga, sekolah, teman sebaya, atau masyarakat luas, memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan sosial-emosional. Beberapa cara lingkungan memengaruhi proses ini antara lain:

1. **Lingkungan Keluarga**  

   Keluarga adalah tempat pertama di mana anak belajar tentang hubungan emosional dan sosial. Pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua atau pengasuh sangat memengaruhi perkembangan emosional anak. Misalnya, pengasuhan yang penuh kasih sayang dan responsif cenderung mengembangkan rasa aman dan kepercayaan diri pada anak. Sebaliknya, pengasuhan yang kurang perhatian atau penuh ketegangan dapat menyebabkan anak merasa tidak aman, yang berpotensi menghambat kemampuan mereka untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

2. **Lingkungan Sekolah**  

   Sekolah merupakan tempat di mana anak-anak belajar keterampilan sosial melalui interaksi dengan teman sebaya dan guru. Lingkungan sekolah yang mendukung, inklusif, dan aman memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan pemecahan konflik. Sebaliknya, sekolah yang kurang mendukung atau sering mengalami kekerasan (seperti perundungan) dapat mengganggu perkembangan sosial-emosional anak dan menyebabkan mereka merasa terisolasi atau cemas.

3. **Teman Sebaya dan Komunitas Sosial**  

   Teman sebaya memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan sosial-emosional. Interaksi dengan teman sebaya membantu individu belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan norma sosial, berbagi perasaan, dan mengatasi konflik. Di luar keluarga dan sekolah, komunitas sosial juga dapat memperkuat atau memperburuk perkembangan sosial-emosional. Komunitas yang mendukung dan penuh empati mendorong individu untuk merasa diterima, sementara komunitas yang eksklusif atau diskriminatif dapat menciptakan perasaan terasing dan rendah diri.

**Peran Budaya dalam Perkembangan Sosial-Emosional**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun