Mohon tunggu...
intanchyniputro
intanchyniputro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi memasak,menari seni&budaya indonesia,menyanyi,membuat tantangan baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum Dalam Sistem Pendidikan Nasional

29 Desember 2024   06:05 Diperbarui: 29 Desember 2024   02:18 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kurikulum merupakan jantung dari suatu sistem pendidikan. Ia bertindak sebagai peta jalan yang menuntun proses pembelajaran, mulai dari penentuan tujuan pendidikan hingga evaluasi hasil belajar

Definisi Kurikulum

Secara sederhana, kurikulum adalah rencana pendidikan yang berisi sekumpulan tujuan, isi, dan pengalaman belajar yang terorganisasi. Ia menjadi pedoman bagi pendidik, peserta didik, dan seluruh pemangku kepentingan dalam proses pembelajaran.

Peran Utama Kurikulum

Pedoman Pembelajaran:

  • Tujuan Pembelajaran: Menentukan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
  • Materi Pelajaran: Menentukan materi apa saja yang akan diajarkan.
  • Metode Pembelajaran: Menentukan cara penyampaian materi yang efektif.
  • Evaluasi Pembelajaran: Menentukan cara mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

Refleksi Nilai dan Tujuan Pendidikan:

  • Nilai-nilai Nasional: Kurikulum mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa, seperti Pancasila.
  • Tujuan Pendidikan Nasional: Kurikulum diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, serta bertanggung jawab.

Adaptasi Terhadap Perkembangan:

  • Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Kurikulum terus diperbarui untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
  • Perubahan Kebutuhan Masyarakat: Kurikulum dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis.

Dukungan Beragam Gaya Pembelajaran:

  • Pembelajaran Individual: Kurikulum mengakomodasi perbedaan gaya belajar setiap siswa.
  • Pembelajaran Kooperatif: Kurikulum mendorong siswa untuk belajar bersama dalam kelompok.

Menyesuaikan dengan Tuntutan Dunia Kerja:

  • Keterampilan Abad 21: Kurikulum membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

Evaluasi dan Peningkatan:

  • Evaluasi Kurikulum: Kurikulum secara berkala dievaluasi untuk melihat sejauh mana tujuan telah tercapai.
  • Pengembangan Kurikulum: Hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan kurikulum.

Tantangan dalam Implementasi Kurikulum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun