Mohon tunggu...
Intan Azka
Intan Azka Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa IAIN Jember

Intelligence is not the determinant of success, but hard work is the real determinant of your success.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

25 Maret 2020   15:46 Diperbarui: 17 Juni 2021   05:48 2900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagaimana Pengaruh Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa (unsplash/taylor-wilcox)

Guru memiliki peran penting untuk mengubah perilaku dan pemikiran peserta didik ke arah pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu guru sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Salah satunya adalah pengajaran yang efektif,  Karena pengajaran yang efektif ini merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru seharusnya memiliki kompetensi yang luas, agar dapat membangun semangat belajar yang baik serta dapat mendorong peserta didik untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Baca juga : Menjauhkan Diri dari "Keteladanan Retorika" Caraku Membangun Personal Branding di Antara Sesama Guru

Kompetensi sendiri mempunya arti yaitu, seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Prestasi di sini merupakan hasil dari suatu kegiatan yang telah di kerjakan, di ciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Jika di kaitkan dengan prestasi belajar siswa adalah hasil yang di capai oleh siswa tersebut ketika melakukan pembelajaran.

Namun, prestasi belajar siswa ini perlu dievaluasi karena merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adanya evaluasi isi guna untuk mengidentifikasi serta melakukan perbaikan selanjutnya.

Baca juga : Pembelajaran Daring Berkendala Bagi Siswa, Dimanakah Peran Orangtua Serta Guru?

Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu :

1. Faktor eksternal, meliputi : kondisi sosial budaya, kurikulum, program, sarana dan prasarana, serta guru.

2. Faktor eksternal, meliputi : kondisi fisik, panca indera, minat, kecerdasan, bakat, motivasi, serta kemampuan kognitif.

Maka dari itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa guru harus bisa menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Agar tercipta peserta didik yang berprestasi dan berkualitas. Karena peran guru sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun