Mohon tunggu...
Intan Ardiyati
Intan Ardiyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo Saya Mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Saya Mahasiswa semester 6 dari konsentrasi keuangan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pengelolaan Keuangan Bisnis yang Dilakukan UMKM Lestari Catering di Era New Normal Covid-19

16 April 2023   21:51 Diperbarui: 16 April 2023   22:02 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Strategi Pengelolaan Keuangan Bisnis yang Dilakukan UMKM Lestari Catering di Era New Normal Covid-19

Pandemi Covid-19 yang nyaris meruntuhkan perekonomian warga akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dampak paling besar dirasakan pengusaha mikro, seperti halnya pengusaha makanan atau catering, akibat adanya pelarangan berkumpul massa dengan jumlah banyak, seperti pada hajatan pernikahan, ulang tahun dan lain-lain.

Namun kondisi saat ini susah memasuki adaptasi kebiasaan baru, atau New Normal, kini bisnis catering mulai berkembang kembali. Seperti diakui pemilik Lestari Catering yaitu Sri Astuti, kini mulai banyak pesanan lagi, walaupun belum sepenuhnya normal. Pada awal mewabahnya Covid-19 usahanya anjlok dengan penurunan omset usaha mencapai 90 persen. Melihat kondisi yang saat ini sudah memasuki Era new normal, pada akhirnya Lestari Catering dituntut untuk memiliki strategi bisnis di masa new normal. Dalam hal ini, strategi bisnis yang dilakukan oleh Lestari Catering saat periode new normal untuk meningkatkan omset dan protif antara lain, melakukan pembukuan keuangan, mengontrol pengeluaran, pemilihan supplier, penentuan nominal target omset dan protif, mengaktifkan layanan pesan antar online dan memberikan pelayanan terbaik tanpa mengorbankan kualitas produk.

Melakukan Pembukuan Keuangan

Dalam hal pembukuan keuangan, Lestari Catering melakukan pembukuan usaha catering dari pengeluaran dan pendapatan. Untuk pembukuan tahap pertama dimulai dari pengeluaran. Biasanya, membutuhkan bahan pokok. Bisa berupa sales, toko, atau pasar, selama ada nota masuk maka pencatatan harus dimulai. Karena, perhitungannya adalah tanggal. Komponen selanjutnya adalah pendapatan, ditulis berdasarkan total penjualan secara murni. Perhitungannya biasanya dilakukan bias harian atau bulanan. Cara perhitungannya yaitu dua komponan ini dikurangi hingga menemukan hasilnya. Angka tersebut akan menunjukkan kerugian atau keuntungan yan didapatkan selama satu bulan.

Mengontrol Pengeluaran

Hal lain yang dilakukan oleh Lestari Catering untuk menaikkan omset dan mencapai profit terbaik adalah memperhatikan masalah pengeluaran. Dalam hal ini, manajemen keuangan akan sangat berperan penting. Akan tetapi penekanan pengeluaran ini juga jangan sampai mempengaruhi kualitas. Misalnya, hanya demi mengurangi pengeluaran, maka jangan sampai berubah bahan baku.

Pemilihan Supplier

Untuk mencapai target omset dan juga profit hal yang tidak kalah penting adalah masalah supplier. Dalam hal ini, hal penting yang dipikirkan adalah masalah kualitas dan harga. Dalam masalah ini Lestari Catering sendiri juga sudah mencoba survey beberapa supplier sampai mendapatkan yang pas. Pemilihan supplier yang tepat ini sendiri sebagai salah satu cara Lestari Catering untuk mengantisipasi harga dari beberapa bahan baku yang mungkin akan naik turun. Harga yang tidak pasti, tentu saja akan merepotkan untuk perencanaan keuangan.

 

Mengaktifkan Layanan Pesan Antar Online

Dengan pelanggan yang menuntut lebih banyak personalisasi dan fleksibilitas dalam pemesanan, Lestari Catering sekarang mengaktifkan layanan pesan atau antar melalui Online. Pasalnya, kini tren pesan antar (delivery) secara online makn menjamur. Berkat adanya layanan ini, konsumen dimudahkan dalam membeli makanan sekaligus menjadi model bisnis yang meguntungkan Lestari Catering untuk meningkatkan penjualannya.

Memberikan Pelayanan Terbaik Tanpa Mengorbankan Kualitas Produk

Sebagai pemilik Lestari Catering, mereka bukan hanya berorientasi pada penyajian produk makanan dan minuman, tetapi juga harus memprioritaskan segi pelayanan. Terlebih lagi jika pelanggan memesan jasa catering untuk keperluan acara besar, seperti pernikahan, arisan, pesta kantor, dan lain-lain. Lestari catering memastikan pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan, sekaligus menu makanan yang berkualitas. Tidak lupa memperhatikan hal-hal kecil untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pelanggan.

Demikian adalah strategi pengelolaan keuangan bisnis UMKM Lestari Catering untuk meningkatkan omset dan profit penjualannya di era new normal covid-19. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun