Banyak sekali istilah zaman sekarang semakin berkembang, salah satunya adalah Fast Beauty. Fast Beauty adalah strategi dalam industri kecantikan yang berfokus pada percepatan proses pengembangan, produksi, dan distribusi produksi. Merek merek kecantikan merilis produk baru hampir setiap minggu untuk menyesuaikan diri dengan tren yang terus berubah, yang sebagian besar dipengaruhi oleh Influencer media sosial, Youtube, dan platform seperti Tiktok. Saat ini Fast Beauty sangat mendominasi pasar kecantikan Indonesia. Banyak nya muda mudi Indonesia yang begitu tertarik di dunia kecantikan. Fast Beauty sangat mengutamakan kecepatan produksi dan permintaan pasar, sehingga kualitas tidak diperhatikan. Para brand brand produk kecantikan berlomba lomba memproduksi produk produk yang sedang ramai diperbincangkan. Hal ini dimulai pada tahun 2010 dimana Youtube semakin berkembang.Â
CIRI CIRI FAST BEAUTY
Berfokus pada produk produk yang sedang tren
Terdapat produk yang laku di pasaran lalu merek merek lainnya akan mengikuti memproduksi jenis produk yang sama dengan harapan menjadi saingan, biasanya harga yang ditawarkan juga lebih murah.
Promosi yang sangat gencar
Di era digitalisasi, sosial media berperan sangat besar akan sesuatu. Sesuatu akan semakin mudah viral akibat pengaruh dari Influencer, tentunya dengan promosi yang sangat menarik dan terkadang cenderung dilebih lebihkan
-
Menyampingkan kualitas
Pada fenomena Fast Beauty, tentu kualitas hal belakangan. Asal kebutuhan pasar terpenuhi. maka keuntungan semakin banyak. Bahan baku yang tidak lulus uji dan produk kemasan yang tidak ramah lingkungan menjadi hal hal yang seharusnya diperhatikan namun malah diabaikan.Â
Fast Beauty berdampak sangat buruk bagi lingkungan dan juga bagi kulit, selain itu hewan pun bisa terdampak, karena kebanyakan produk produk tidak bertanggung jawab menggunakan hewan sebagai percobaan apakah produk itu siap edar atau tidak. Lalu bagaimana cara menghentikan Fast Beauty?
Menggunakan merek merek produk berkualitasÂ
Pastikan selalu menggunakan produk produk yang mengedepankan kualitas dan waktu produksi yang wajar
Memberikan kampanye positif bagi Influencer
Dengan pengaruh yang positif tentu akan berdampak sangat baik dalam menghentikan Fast Beauty ini.
Kebijakan dan regulasi BPOM
Tentu BPOM berperan sangat penting dalam mencegah merek dan produk abal abal.Â
Dalam langkah menghentikan Fast Beauty tentu artinya kita peduli terhadap kesehatan diri, lingkungan dan juga industri kecantikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H